Peleburan BPR Bahteramas Ditargetkan Tahun Ini

  • Bagikan
Arjaya Dwi Raya. (FOTO: WATY/BKK).

KENDARI, BKK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan bahwa peleburan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas ditargetkan tahun ini.


Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengungkapkan, untuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh BPR Bahteramas sisa satu persyaratan yakni harus ada akta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BPR tahun terakhir.


“Jadi, RUPS tahun 2023 ini sudah dilaksanakan untuk memenuhi secara cepat persyaratan peleburan BPR oleh OJK pusat. Dalam waktu dekat Pemprov Sultra akan mengajukan akta tersebut ke OJK,” ungkapnya, Rabu (29/3).


Dijelaskan, OJK optimis peleburan BPR Bahteramas dapat selesai pada tahun 2023 karena jika Pemprov mengajukan RUPS tersebut akan langsung diproses oleh OJK dan diteruskan ke pusat.


“Apabila telah memenuhi persyaratan dokumen dan dinyatakan lengkap maka sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) OJK, maka waktu tunggu prosesnya hanya beberapa hari saja,” ucapnya.


Arjaya berharap tahun ini agar bisa terselesaikan dan OJK berkomitmen untuk membantu proses peleburan dengan menyiapkan segala sesuatu sampai akhirnya diberikan persetujuan pendirian usaha oleh OJK RI.


Sebagai informasi kantor pusat BPR Bahteramas nanti ada dua yakni di Kota Kendari dengan nama BPR Bahteramas Sultra dan kantor pusat lainnya berada di Kota Baubau dengan nama BPR Bahteramas Sultra Kepulauan.


Untuk ke-12 Kantor BPR Bahteramas yang tersebar di Sultra terdiri dari tujuh Kantor BPR Bahteramas di daratan dan lima Kantor BPR Bahteramas di kepulauan.


“Adapun pengusulan draft peleburan tersebut telah melalui mekanisme yang panjang selama empat tahun sejak 2019 lalu. Revisi serta perbaikan telah diupayakan selama periode tersebut,” tutupnya. (r5)

  • Bagikan