PTQ LPP RRI Tingkat Nasional ke-53 di Sultra Siap Digelar

  • Bagikan
Yonas Markus Tuhuleruw.

KENDARI, BKK – Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI tingkat nasional ke-53 tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap digelar. Dimana pihak panitia pun mulai memantapkan persiapan. Hal ini terlihat saat Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha LPP RRI yang juga sebagai Ketua Panitia PTQ, Yonas Markus Tuhuleruw bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) meninjau langsung lokasi venue di Eks MTQ Kendari.

Dimana dalam kegiatan tersebut ada beberapa lomba yang akan diselenggarakan dalam PTQ ke-53 ini, seperti lomba Tilawah, Tahfiz, Tausiyah dan Tartil Quran Bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra.

Yonas Markus Tuhuleruw mengatakan, bahwa PTQ merupakan kolaborasi kerjasama dan sinergitas antar tiga pihak yakni, RRI sebagai penyelenggara, kemudian Pemprov Sultra sebagai tuan rumah dan didukung oleh Kementerian Agama RI.

“Pelaksanaan pekan tilawatil quran sendiri mulai dilaksanakan oleh RRI sejak 1968. Sesuai rapat semalam bahwa persiapan dari sisi venue mencapai 75% dan diharapkan waktu tersisa sampai tanggal 1 April sudah tuntas, baik dalam persiapan venue pembukaan, venue pelaksanan kegiatan dan penutupan,” kata Yonas, Kamis (30/3) di Eks MTQ.

Dikatakan, pelaksanaan lomba bakal berlangsung di empat titik venue, seperti di Tugu Persatuan Eks MTQ, Masjid Al Alam, Masjid Al Kautsar Kendari dan di Balai Kota Kendari. Sambung dia, sementara untuk kesiapan peserta secara bertahap hari ini (kemarin,red) mulai berdatangan karena tersebar di seluruh Indonesia.

“Paling lama besok (hari ini,red) semua peserta tiba. Jadi perlombaan ini antar satker tetapi mewakili kabupaten/kota dan provinsi. Pesertanya 200 lebih sampai 300 karena ada empat jenis lomba, masing-masing putra dan putri,” jelasnya.

Dia bilang, dari sisi kesiapan dewan hakim dan panitera yang berasal dari Kementerian Agama (Kemenag) semuanya sudah siap 100%.

“Jadi dari sisi kesiapan dewan hakim dan panitera, itu semua dari Kementerian Agama. Mereka sudah siap 100%. Peserta juga oke 100% siap. Dan sampai hari ini, kami masih melakukan koordinasi dengan sekretariat Presiden. Panitia berharap Presiden Jokowi ada waktu membuka kegiatan PTQ di bumi anoa Sultra,” pungkasnya. (r4)

  • Bagikan