Hadapi Lebaran, BI Siapkan Uang Layak Edar Rp1,9 Triliun

  • Bagikan
Doni Septadijaya saat melepas mobil kas keliling untuk penukaran uang layak edar. (FOTO: WATY/BKK).

KENDARI, BKK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) baru-baru ini meluncurkan program Serambi 2023 bekerja sama dengan seluruh perbankan di Sultra. Tujuannya untuk membuka layanan kas keliling selama Ramadan 1444 H/2023 M.

Kepala KPwBI Sultra Doni Septadijaya mengungkapkan, BI meluncurkan program Semarak Ramadan dan Rahmat Idul Fitri (Serambi) 2023, bertujuan memudahkan masyarakat dalam penukaran uang layak edar. Sebanyak Rp1,9 triliun uang tunai layak edar disiapkan di berbagai daerah di Sultra.

“Terkait pelayanan penukaran uang, BI Sultra telah menyiapkan Rp1,9 triliun yang tersebar di 99 titik seluruh wilayah Sultra,” ungkapnya, Jumat (31/3).

Doni mengatakan, angka tersebut naik 20% dibanding 2022 yakni Rp1,5 triliun. Diharapkan, dengan adanya penukaran uang ini, kesediaan uang pecahan khususnya Rp1.000 hingga Rp20 ribu lebih mudah ditemui.

“Pada program ini, kami juga bersinergi dengan teman-teman perbankan. Selain itu, BI Sultra ingin memperkuat cinta, bangga dan paham rupiah,” ucapnya.

Dijelaskan, terkait tempat penukaran uang di 99 titik di Sultra, terbanyak di Kota Kendari dengan 48 titik dan Baubau 15 titik serta sisanya di daerah lainnya. Penukarannya sendiri ditempatkan di sejumlah bank, ada pula kas keliling.

Dia menuturkan, untuk kemudahan masyarakat melakukan penukaran, layanan kas keliling dapat diakses melalui Aplikasi Pintar (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah) yang dapat diakses melalui situs https://pintar.bi.go.id/Order/List- KasKeliling.

“Di aplikasi ini, masyarakat dapat melihat jadwal kas keliling dan waktu pelaksanaan kas keliling. Sekaligus melakukan pemesanan penukaran uang secara online. Sehingga, memudahkan pada saat melakukan penukaran. Karena petugas kami akan menyiapkan pemesanan, tanpa harus menunggu lama,” ucapnya.

Doni menambahkan, pelaksanaan kas keliling merupakan kegiatan rutin setiap bulan, dengan modal kerja yang disiapkan bervariasi yakni Rp500 juta. Kas Keliling juga membantu masyarakat untuk mendapatkan uang yang layak edar.

“Kami menjaga peredaran uang layak di masyarakat lebih meningkat. Kemudian jadwal kas keliling bisa di cek pada akun media sosial instagram BI Sultra, batas penukarannya sendiri itu tidak ada,” tutupnya. (r5/ada)

  • Bagikan