Tingkatkan Indeks Literasi Masyarakat, Pemkab Konkep Bangun Perpustakaan Desa

  • Bagikan
Bupati Konkep, Ir H Amrullah saat menyerahkan kunci perpustakaan desa dan pojok baca kepada beberapa Kepala Desa di Konkep.

LANGARA, BKK – Guna meningkatkan indeks literasi masyarakat Wawonii hingga ke pelosok desa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) membangun perpustakaan desa dan pojok baca.


Sebanyak 7 perpustakaan desa dan 3 pojok baca yang dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022. Kini telah difungsikan dan telah diserahkan kepada masing-masing kepala desa, untuk dikelola demi memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi di perpustakaan.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Konkep Danyal MPd mengatakan, pembangunan perpustakaan desa tersebut selain untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat, juga sebagai upaya mempersiapkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan minat kegemaran membaca masyarakat khususnya di Konkep.


“Harapannya semoga dengan perpustakaan ini bisa mempermudah jangkauan masyarakat dalam mengakses informasi di perpustakaan, selain itu untuk menjawab tantangan di era digital saat ini kami juga telah menyediakan perpustakaan digital yang bisa di-download di playstore yaitu aplikasi iWawonii,” jelasnya.


Lebih lanjut, mantan Kadis Kominfo Konkep tersebut mengatakan selain membangun perpustakaan desa dan pojok baca dengan APBD tahun 2022, Pemkab Konkep juga kini tengah melakukan pembangunan perpuatakaan daerah (Perpusda) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) program perioritas nasional tahun 2023. (ain/nir)

  • Bagikan