Peringatan HUT ke-20 Konsel Akan Digelar secara Meriah

  • Bagikan
Suasana rapat persiapan peringatan HUT ke-20 Konsel.

ANDOOLO, BKK – Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Konawe Selatan (Konsel) terus menunjukkan peningkatan pembangunan setiap tahunnya.


Keberhasilan pembangunan tersebut bakal di ekspose saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Konsel, tepatnya pada 2 Mei 2023 mendatang.


Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel tengah melakukan sejumlah persiapan menyambut peringatan tersebut.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konsel I Putu Darta ditunjuk sebagai ketua panitia. Saat ini sejumlah agenda terus dimatangkan melalui sejumlah rapat.


Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Konsel Hidayatullah mengungkapkan, peringatan HUT ke-20 Konsel akan digelar secara meriah. Karena dua dekade berdirinya daerah ini adalah usia yang cukup dewasa.


“Peringatan HUT ke-20 kita ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat Konsel dan Sultra secara umum terkait perkembangan daerah kita selama 20 tahun terakhir. Termasuk menunjukkan apa saja yang telah dilakukan pemerintah selama kurang lebih tujuh tahun terakhir, di bawah kepemimpinan bapak Bupati H Surunuddin Dangga,” ungkapnya.


Rangkaian peringatan tersebut, kata dia, dimulai sejak tanggal 2 hingga 10 mei 2023. Diketahui Hut ke-20 Konsel ini mengusung tema utama yakni “Bersama Kita Hebat, Konsel Kita Maju”. Dimulai dengan upacara HUT, dan rapat paripurna DPRD Konsel. Kemudian ada pula kegiatan pawai budaya yang diselenggarakan sebelum pembukaan pameran pembangunan yakni tanggal 6-10 Mei 2023 mendatang.


“Pameran tersebut diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 25 kecamatan se-Konsel, dan desa-desa unggulan serta dunia usaha. Lalu ada istighosah, kemudian sejumlah hiburan, salah satunya penampilan tarian multi etnis di Konsel, serta artis ibu kota. Ada pula lomba kesenian dan olahraga yang pesertanya dari 25 kecamatan,” terangnya.


Lanjutnya, perayaan HUT Konsel kali ini sebagai momentum mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah. Pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat terus bahu membahu mewujudkan pembangunan Konsel yang semakin hari semakin meningkat.


“Momentum ini meneguhkan persatuan dan kesatuan kita untuk bersama-sama lebih maju. Dan pemerintah hadir melalui pembangunan yang berorientasi untuk memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat. Baik itu di sektor pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.


Ia mengungkapkan harapan kesiapan bapak Gubernur Sultra Ali Mazi untuk menjadi Inspektur Upacara HUT ke-20 Kabupaten Konsel. Pemkab Konsel juga bakal mengundang seluruh pimpinan daerah di 17 kabupaten/kota se-Sultra, dan sejumlah instansi lainnya.


“Paling utamanya juga, kita menghadirkan tokoh-tokoh pemekaran Kabupaten Konsel. Bagaimanapun, tokoh-tokoh inilah yang telah memperjuangkan lahirnya daerah kita ini,” pungkasnya. (ril/nir)

  • Bagikan