Bupati Surunuddin Paparkan Kualitas Demokrasi Pemilu di Konsel pada Rakornas Kemendagri

  • Bagikan
Suasana Rakornas Bidang Ketahanan Pangan Kemendagri-RI di Hotel Claro Kendari.

ANDOOLO, BKK – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga menghadiri rapat kordinasi nasional (rakornas), Bidang Ketahanan Pangan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI) di Hotel Claro Kendari, Selasa (11/4).


Rakornas tersebut dibuka langsung Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian. Rakornas kali mengusung tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Sosial Masyarakat Dalam Mewujudkan Pemilu Damai, Aman, dan Harmoni”.


Kegiatan Rakornas itu diikuti Gubernur, dan Walikota/Bupati se Indonesia, unsur TNI, Polri, Kejaksaan, Dewan Perwakilan Rakyat, dan pejabat terkait lainnya.


Dikesempatan itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga siap menindaklanjuti arahan pemerintah pusat. Apalagi berkaitan erat dengan keharmonisan sosial di tengah masyarakat.


Bupati Konsel dua periode itu mengatakan sepanjang perhelatan demokrasi di Konsel selalu aman, damai, dan harmonis. Segala dinamika yang terjadi mampu ditangani secara arif dan bijaksana.


“Pemilu 2024 bisa berjalan aman, damai, dan harmoni apabila seluruh pihak komitmen berpartisipasi mewujudkannya. Seluruh lapisan masyarakat serta pemerintah termasuk tokoh-tokoh baik dari tingkat desa maupun kabupaten, semua bersinergi dan berpartisipasi menjaga keamanan dan kedamaian dalam pesta demokrasi mendatang,” ungkapnya.


Untuk itu, dia meminta seluruh pihak terlibat aktif mewujudkan Pemilu 2024 yang harmonis. Baik peserta dan penyelenggara bekerja sesuai mekanisme yang berlaku.


“Mewujudkan kedamaian membutuhkan peran kita semua. Penyelenggara dan teman-teman partai politik selaku peserta berjalan sebagaimana mestinya,” ujar orang nomor satu di Konsel itu.


Dirinya berharap, menghadapi pesta demokrasi agar kepala desa dan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak terlibat politik praktis agar dalam perpolitikan dapat berjalan semestinya.


“ASN dan aparatur desa wajib menjaga netralitas,” tegas mantan ketua DPRD Konsel itu. (ril/nir)

  • Bagikan