Wakil Bupati Muna Minta Jasa Angkutan Laut Jangan Over Kapasitas

  • Bagikan
Kapal cepat Express Bahari dari Kota Kendari tujuan Raha. (FOTO: Dokumen BKK)

RAHA, BKK – Tingginya arus pemudik jelang Idulfitri 1444 Hijriah yang menggunakan transportasi laut masuk ke Kota Raha Kabupaten Muna melalui Pelabuhan Nusantara Raha, mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.


Wakil Bupati Muna Drs H Bachrun MSi mengingatkan para pemilik jasa angkutan kapal laut baik kapal cepat dan kapal malam yang masuk di Pelabuhan Nusantara Raha, agar memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang.


“Tidak boleh ada kapal yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas, harus sesuai manifes. Sebab, rawan kecelakaan. Ingat ya, para pengusaha jasa transportasi laut baik kapal cepat dan kapal malam, kapal feri, harus mengutamakan ksselamatan dan kenyamanan penumpang. Jangan ditumpuk-tumpuk penumpang, tidak manusiawi itu,” kata Wakil Bupati Muna dalam rapat kordinasi lintas sektoral yang dihadiri Polres Muna, Syahbandar, Dishub, serta pihak kompeten lainnya, Selasa (11/4).


Sementara, Kepala KUPP Kelas II Raha Taufan Eka Putra mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi arus mudik, pihaknya sudah menyiapkan strategi.


“Jadi, kami telah menyiapkan tambahan 4 unit kapal. Yakni 3 kapal cepat dan 1 kapal malam. Sementera berkait masalah over kapasitas, kami mengadakan seleksi saat masuk ruang tunggu. Di samping itu, kami juga melakukan pembatasan penumpang,” ujarnya.


Tentu, lanjutnya, untuk melakukan semua itu pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Pemkab Muna. (tri/nir)

  • Bagikan