8.937 Peserta Ikuti UTBK-SNBT di UHO Kendari

  • Bagikan
Suasana menjelang UTBK-SNBT di UHO Kendari

KENDARI, BKK- Sebanyak 8.937 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, sejak 8- 14 Mei 2023.

Lokasi UTBK-SNBT dipusatkan di kampus Bumi Tridharma, Jalan HEA Mokodompit Andounohu Kendari. Tercatat ada 19 lokasi dan 38 laboratorium komputer digunakan untuk menyukseskan SNBT UHO 2023 yang serentak dilaksanakan se-Indonesia.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, bahwa 8.937 peserta yang mengikuti UTBK-SNBT di kampus hijau itu tidak semuanya calon mahasiswa baru (camaba) UHO. Melainkan ada yang hanya memilih kampus terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut sebagai lokasi tes UTBK-SNBT.

Begitu pun sebaliknya, ada camaba UHO yang melakukan tes di kampus lain tetapi memilih kampus yang dipimpin Prof Zamrun sebagai pilihan pertama. Data camaba UHO tersebut dapat diketahui  ketika data peserta UTBK-SNBT sudah ditabulasi atau biasanya sebelum rapat terakhir penentuan kelulusan.

“UTBK- SNBT UHO ini digelar 2 sesi. Sesi pagi dan sesi siang, dimulai pukul 08.00 Wita dan berakhir  itu pukul 17. 15 Wita,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk total kuota SNBT 2023 UHO saat ini sekitar 3.500 orang. Angka tersebut cukup banyak, karena memang kuota Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) beberapa waktu yang lalu  tidak terpenuhi, sehingga dialihkan ke SNBT yang tersebar di seluruh program studi (prodi) lingkup UHO.

Ia mengimbau, agar peserta UTBK-SNBT berlaku jujur dengan mengerjakan soal dengan sebaik- baiknya dan percaya kepada diri sendiri, serta menghindari berbuat curang yang nantinya berakibat fatal. Untuk itu, pesan dia, percayakan kepada kemampuan sendiri.

“Insya Allah kalau dikerjakan dengan baik dan kalau hasilnya bagus, Insya Allah lulus. Saya pastikan UTBK-SNBT ini tidak ada intervensi dari mana pun, semuanya tergantung dengan hasil yang diperoleh pada saat mengerjakan soal UTBK-SNBT,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, gelombang II berlangsung pada 22- 28 Mei 2023 mendatang. (din)

  • Bagikan

Exit mobile version