Pemkot Kembali Saluran Bantuan ZIS Kepada Para Lansia dan Janda di Kota Kendari

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari saat menyerahkan bantuan ZIS kepada Lansia dan Janda, Kamis (15/6). (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali menyalurkan bantuan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) berupa uang tunai dan kebutuhan pokok kepada para lanjut usia (lansia) dan janda sebanyak 650 penerima.


ZIS yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dari Aparatus Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Kendari diberikan langsung oleh Pj Walk Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Kamis (15/6).


Usai menyerahkan bantuan, Asmawa mengatakan, bahwa persoalan sosial di Kota Kendari masih cukup banyak. Baik itu masalah kemiskinan dan pengangguran, tetapi juga masalah bencana harus di tindak lanjuti.


Olehnya itu, ia mengapresiasi kerja Baznas yang bisa mengelola penyaluran zakat dengan baik, sehingga pemerintah kota merasa lebih terbantu adanya penyaluran bantuan dari Baznas.


“Sekali lagi kita patut bersyukur, bahwa Baznas Kota Kendari telah menjalankan amanat undang-undang tentang bagaimana mengelola zakat yang benar dan secara bertahap kita bisa saksikan, rasakan,” ungkap Pj wali kota.


Menurutnya, selama delapan bulan bertugas di Kota Kendari, dia sudah melihat aksi tanggap dari Baznas dalam menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran, tanah longsor dan bencana alam lainnya.


Akan kinerja baik Baznas, Asmwa Tosepu meminta para ASN Kota Kendari lebih serius dan memberikan perhatian terhadap pembayaran zakatnya, karena selain perintah agama, membayar zakat juga menjalankan perintah undang-undang.


Sementara, Kepala Baznas Kota Kendari Amri Natsir mengatakan penerimaan Baznas Kota Kendari bulan Juni 2023 sekira Rp206 juta dan yang disalurkan sebanyak Rp195 juta.


Bantuan itu diberikan pada 650 lansia dan janda yang tersebar di 65 kelurahan 11 kecamatan di Kota Kendari. Dimana setiap kelurahan mendapatkan kuota sebanyak 10 orang, terdiri dari 5 janda dan 5 Lansia.


“ZIS yang terbanyak berasal dari Dinas Kesehatan yakni Rp32 juta setiap bulan, kemudian Inspektorat Kota Kendari, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Kecamatan Puuwatu,” jelasnya.


Untuk bulan selanjutnya, Baznas mengusulkan pada Pj Wali Kota Kendari untuk membantu masyarakat dalam bentuk bedah rumah, seperti perbaikan atap, lantai atau dinding. (r1)

  • Bagikan