Tekan Harga Beras Dan Stabilkan Harga, Bulog Muna Gelar Operasi Pasar

  • Bagikan

Kepala Kantor Cabang Bulog Raha Raimond ( paling kiri baju putih), bersama Asisten II Setda Muna LM Rimba Sua, Kadis Ketapang Ir Mowik, Kadis Perdagin H La Ode Salindo Dan Masyarakat Saat Gelar Kegiatan SPHP di Pasar Laino Raha Senin (28/8)

RAHA,BKK-Untuk menekan harga beras dipasaran yang terus naik dan menjaga inflasi serta menjamin akan ketersediaan pangan khususnya beras, Kantor Cabang Bulog Raha Senin (28/8), menggelar operasi pasar di Pasar Laino Raha. Kegiatan Kantor Cabang Bulog Cabang Raha ini diberi nama SIGAP SPHP yaitu Siap Jaga Harga di Pasar dengan SPHP.

Ada tiga titik RPK yang yang berlokasi di Pasar Laino Raha, dijadikan sasaran operasi pasar Bulog Raha. Sebanyak 2 ton beras jenis medium dipasok Bulog Raha dimasing masing di 3 RKP di Pasar Laino Raha.

” Kegiatan SIGAP SPHP yaitu Siap Jaga Harga di Pasar.  Kegiatan ini  kita gelar untuk menekan inflasi dan meredam gejolak harga beras yang saat ini mengalami tren kenaikan khususnya di Kabupaten Muna .Sehingga konsumen bisa membeli beras kualitas baik dengan harga murah dan terjangkau (sesuai HET). Kalau harga beras perkg Rp Rp 9.450.  Perkg. Kita siapkan beras dalam dalam kemasan ini 5 kg dioperasi pasar ini,” kata Kepala Kantor Cabang Bulog Raha Raimond pada koran ini kemarin di Pasar Laino Raha.

Katanya kegiatan ini adalah bukti nyata kepedulian dan keberpihakan Pemerintah kepada masyarakat dengan menyediakan beras melalui penugasan kepada Perum BULOG yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian & Perdagangan serta Bagian Perekonomian) untuk dijual oleh pengecer di pasar kepada konsumen akhir sesuai dengan HET (maksimal Rp9.450,00 per kg).

” Masyarakat tidak perlu panik ya, stok beras Bulog Raha aman hingga akhir tahun 2023. Kita punya stok beras saat ini ada lebih 1000 ton. Kemudian  SPHP ini akan terus tersedia di pengecer pasar sepanjang tahun ini dan Program Bantuan Pangan Tahap Kedua akan segera disalurkan untuk 3 alokasi, yaitu: Oktober, November dan Desember 2023,” pungkas Kepala.Kantor Cabang Bulog Raha.

Sementara itu Pemda Muna diwakili Asisten II Setda Muna La Ode Rimba Sua SKM MKes menyampaikan apresiasi Pemda Muna terhadap Bulog Raha atas kegiatan SPHP ini. ” Pemda Muna sangat mengapresiasi kegiatan Bulog Raha ini. Dengan adanya kegiatan ini kami himbau masyarakat di Kabupaten Muna tidak perlu panik dengan kesedian pangan khusus beras, karena stok beras di Bulog Raha kata kepala Bulog Raha cukup sampai akhir tahun 2023,” tambah La Ode Rimba Sua pada koran ini.

Hal senada disampaikan Kadis Ketapang Ir Mowik dan Kadis Perdagin Kabupaten Muna H La Ode Salindo. ” Dengan adanya operasi SPHP oleh Bulog Muna ini, kita berharap harga beras dipasar bisa stabil dan menjaga inflasi. Kemudian masyarakat kami himbau tidak perlu panik akan stok beras, karena kesetiadaan beras di Muna cukup hingga ahir tahun 2023,” kata Ir Mowik

Sedangkan terkait antisipasi bakal terjadi penimbunan beras yang dilakukan penimbun dengan modus memborong beras Bulog ini dalam jumlah banyak, kata H La Ode Salindo, pihaknya akan melakukan pengawasan. ” Tentu kita akan lakukan pengawasan agar tidak terjadi penimbunan. Kepada masyarakat kita himbau agar tidak perlu melakukan aksi borong beras Bulog, stok beras Bulog cukup jadi tidak perlu panik,” pungkas Kadis Perdagin Kabupaten Muna ini di Pasar Laino Raha pada koran ini.(tri)

  • Bagikan