Pelantikan Pj Bupati Buton dan Kolut Masih Ditunda

  • Bagikan
Muliadi. (FOTO: FAYSAL/BKK)

Beritakotakendari.fajar.co.id, Kendari – Pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Buton Basiran, dan Kolaka Utara (Kolut) Parinringi masih ditunda.

Seperti diketahui, masa jabatan 2 Pj Bupati tersebut telah berakhir pada 24 Agustus lalu. Bahkan, SK penerus tongkat estafet kepemimpinan 2 daerah itu telah dipilih Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan SK-nya telah diserahkan ke Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Namun, sampai saat ini, Pemprov Sultra masih menunda waktu pelantikan untuk 2 Pj tersebut.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra Muliadi mengatakan, saat ini jadwal pelantikan belum ada. Meski SK sudah ada, namun pelantikan keduanya masih tertunda, karena adanya persoalan di Kabupaten Kolut.

Dikatakan, masyarakat Kolut itu menolak dengan penunjukan Sukanto Toding sebagai Pj Bupati Kolut.

Penolakan itu setelah sejumlah massa yang mengatasnamakan masyarakat Kolut menggelar demo di Kantor Gubernur Sultra 28 Agustus belum lama ini.

“Adanya aksi ini, tentu menjadi pertimbangan gubernur untuk melakukan pelantikan dan telah disampaikan ke Kemendagri. Saat ini, pak gubernur masih menunggu klarifikasi dari Kemendagri terkait hal itu” ungkapnya, Rabu (30/8).

Dijelaskan, salah satu tuntutan penolakan yang dilakukan masyarakat, karena penunjukan Sukanto Toding bukan usulan DPRD Kolut dari hasil paripurna.

“Jadi, kita tunggu dulu klarifikasi dari Kemendagri, untuk memberikan penjelasan. Karena penunjukan Sukanto Toding sebagai Pj bupati bukan usulan DPRD Kolut dan Gubernur Sultra,” paparnya.

Sebab, kata dia, sebelumnya DPRD Kolut dan Gubernur Sultra secara bersama-sama merekomendasikan incumbent atau Parinringi untuk melanjutkan jabatannya sebagai Pj Bupati Kolut.

Sementara, lanjutnya, untuk Pj Bupati Buton yang bakal diisi La Ode Mustari, tentu tak ada masalah, sebab tak ada penolakan dari masyarakat.

“Meski demikian, bila tak ada penolakan tentu pelantikan bisa saja dilakukan. Namun kita ikuti dulu tahapannya. Jadi, setelah ada surat klarifikasi dari Kemendagri mengenai Pj Bupati Kolut, baru kita akan jadwalkan pelantikan bersamaan dengan Pj Bupati Buton,” tuntasnya. (r4/c/nir)

  • Bagikan