8 Peralatan Dapur Wajib Dimiliki, Apa Saja?

  • Bagikan

Bagi Anda yang suka memasak, tentu sangat peduli tentang kelengkapan berbagai peralatan dapur. Berbagai perlengkapan tersebut tentu saja memiliki fungsi yang berbeda. Banyaknya jenis peralatan yang digunakan, juga mendukung kegiatan memasak di dapur.
Bahkan, ada beberapa jenis bahan makanan yang harus dimasak dan diperlakukan dengan spesial atau berbeda dengan bahan makanan tertentu. Itulah mengapa, seringkali kita jumpai ada banyak jenis peralatan yang tersimpan di dapur.
Mari kita lihat, apa saja berbagai alat-alat dapur yang wajib Anda miliki agar memasak tidak membuang banyak waktu.

8 Peralatan Dapur Wajib Dimiliki

Meskipun peralatan-peralatan tersebut memiliki desain yang menarik dan memiliki kesan mewah, tetapi Anda tidak perlu memiliki semuanya, terlebih jika Anda bukanlah chef atau pelaku usaha kuliner. Namun, beberapa barang di bawah ini wajib ada di dapur Anda.

  1. Panci
    Panci adalah barang yang sangat penting di dapur. Jika Anda perhatikan, saat ini banyak pilihan panci dengan berbagai bahan dan ukuran. Pilihlah panci sesuai kebutuhan, apakah untuk memasak air saja atau hingga memasak dalam porsi besar.
  2. Gunting Dapur
    Adanya gunting dapur ini sangat membantu Anda menyiapkan berbagai bahan makanan dengan cepat dan mudah. Beberapa bahan makanan yang umumnya perlu menggunakan gunting ini, antara lain : makanan laut dan sayuran.
  3. Pisau
    Rasanya di setiap rumah pasti memiliki pisau. Bahkan, tak sedikit yang memiliki pisau dengan berbagai ukuran sesuai dengan fungsinya. Pastikan Anda membeli pisau dengan bahan yang berkualitas dan memiliki ketajaman yang tahan lama.
  4. Talenan
    Tentu akan terasa asing ketika Anda memasak tanpa menggunakan talenan. Tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa talenan sesuai dengan bahan makanannya, apakah daging, sayur atau buah-buahan.
  5. Spatula
    Spatula juga memiliki peran yang sangat penting di dapur. Spatula biasanya digunakan untuk mengaduk, membalik, atau mengangkat makanan selama proses memasak.
  6. Parutan
    Digunakan untuk menghaluskan atau mengiris bahan makanan seperti keju, coklat, atau rempah-rempah. Penggunaannya membantu memberikan tekstur yang halus dan memudahkan dalam mencampurkan bahan ke dalam hidangan.
  7. Penghalus atau Penghancur
    Untuk fungsi ini, Anda bisa menggunakan blender atau chopper, yang membedakan keduanya hanya pada tingkat kehalusan dan kecepatan mesin saja. Kedua peralatan dapur tersebut merupakan alat yang berfungsi untuk mencampur atau menghaluskan makanan dan bahan lainnya.
  8. Saringan
    Saringan berfungsi untuk menyaring bahan makanan seperti tepung, gula, atau air. Penggunaannya membantu menghasilkan tekstur yang halus dan memisahkan gumpalan-gumpalan yang tidak diinginkan.
    Bagaimana? Apakah semua daftar di atas sudah ada di dapur Anda? Tenang saja, jika belum, Anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan dapur di Blibli, marketplace terpercaya Indonesia.
    Blibli memiliki banyak pilihan produk peralatan dapur yang terjamin kualitas dan keasliannya, termasuk gunting dapur. Semua barang yang ada di sana, bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, karena ada banyak diskon dan promo besar setiap harinya.
    Selain itu, agar belanja Anda tidak membengkak, Blibli juga menyediakan fitur gratis ongkir untuk pengiriman ke berbagai tujuan di Indonesia. Fitur Asuransi juga akan sangat membantu jika Anda membeli barang-barang dengan harga yang tinggi.
    Mudah bukan untuk mendapatkan peralatan dapur yang berkualitas dan harganya terjangkau? Dengan kemudahan berbelanja ini, sedikit banyak dapat meningkatkan kemampuan dan menjaga efisiensi waktu di dapur. (iis)
  • Bagikan