Hari Ini, Peringatan Bulan PRB tingkat Nasional Resmi Dibuka

  • Bagikan
Muh Yusup. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tingkat Nasional resmi dibuka, Rabu (11/10) hari ini. Dijadwalkan, pembukaan akah dihadiri langsung Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Suharyanto di Eks Tugu MTQ Kendari.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) juah hari sebelum pembukaan sudah mempersiapkan semua kebutuhan kegiatan yang direncanakan berlangsung sejak 11 hingga 15 Oktober ini.

“Ini akan dibuka Pj Gubernur Sultra Budi Rwvianto. Pertemuan ini bagian dari mitigasi bencana, ini sangat baik. Intinya kita bisa mempelajari tentang penanggulangan bencana, ” terang Kepala BPBD Sultra Muhammad Yusuf.

“Terkait persiapan kegiatan, simulasi, gladi, pameran dan acara puncak yang akan dilakukan 11-15 Oktober. Semua item-item kegiatan kita sudah siapkan, kita juga berkoordinasi dengan pemerintah kota (Pemkot Kendari, red) dan tentunya semua stakeholder,” tambahnya.

Mantan Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) menyebut, dalam peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di ibukota Sultra akan berlangsung dibeberapa titik.

Kegiatan diawali tanggal 11 dan 12 Oktober dengan melakukan persiapan Apel Relawan, Simulasi Kebencanaan dan Pameran Kebencanaan terdiri dari Ingnite Stage dan Talkshow, Donor Darah dan Rangking 1 Cerdas Tangkas Tangguh di eks MTQ Kota Kendari.

Kemudian di Tanggal 12 pelaksanaan Kuliah Umum di Audotorium UHO dari Panitia BNPB dan BPBD Provinsi Sultra dan Gala Dinner Rujab Gubernur.

Selanjutnya, 13 Oktober persiapan penanaman pohon, puncak acara PRB di Claro Kendari dan akan ada Pesta Rakyat PRB di lapangan MTQ.

“Tanggal 14 Oktober kunjungan wisata di Pulau Labengki Kabupaten Konawe Utara dan tanggal 15 Oktober Run For Your Life di eks MTQ,” terang Muhammad Yusup kepada media.

“Peserta peringatan bulan PRB diperkirakan 2.000 sampai 2.500 orang terdiri dari BNPB, kementerian dan lembaga, gubernur se Indonesia, bupati dan wali kota se Indonesia, Sekda provinsi se Indonesia, Forkopimda Provinsi Sultra,” tambahnya.

Termasuk, BPBD Provinsi se Indonesia, BPBD kabupaten kota se Indonesia, Kepala Bappeda se Indonesia, NGO, OPD dan Lembaga se Sultra, Rektor se Indonesia, Ketua Forum PRB se Indonesia, Ketua Forum PRB se Sultra dan Relawan Penanggulangan Bencana. (din/r2)

  • Bagikan