UM Kendari Bakal Dirikan Fakultas Kedokteran di Desa Konda 1 Konsel

  • Bagikan

Bupati Konsel letakan batu pertama pertanda pembangunan gedung FK UM Kendari. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK- Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari bakal membangun Fakultas Kedokteran di Desa Konda 1, Kecamatan Konda, Konawe Selatan (Konsel). Ditargetkan dalam jangka panjang akan dibangun juga PAUD ,SD, SMP, SMA yang nantinya akan berdiri Muhammadiyah Boarding School.

Rektor UM Kendari Prof Dr Ir H Muhammad Nurdin MSc IPU ASEAN Eng mengatakan, bahwa pembangunan gedung Fakultas Kedokteran ini ditaksir menelan biaya kurang lebih Rp12.085.800.000, dengan luas lokasi 2750 meter persegi.

Diperkirakan gedung ini akan selesai dalam kurun waktu 365 hari atau satu tahun kedepan. Namun sebut Prof Nurdin, pihaknya akan mengupayakan agar bangunan Fakultas Kedokteran rampung dalam kurun waktu 6 bulan kedepan.

” Sehingga di tahun 2024 mendatang sudah dapat beroperasi,” ujarnya, Selasa (31/10).

Sementara itu, Badan Pembina Harian (BPH) UM Kendari Drs H La Ode Khalifa MSi mengungkapkan, proses izin bangunan Fakultas Kedokteran yang diajukan di Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel sangat cepat terbitnya, bahkan pihaknya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun dalam proses pengurusannya,

“Ini merupakan bagian dari dukungan penuh Pemda Konawe Selatan, dan kami percaya dengan hadirnya kampus ditempat ini akan berefek ganda pada sektor ekonomi kecil, seperti rumah kontrakan, percetakan, kuliner dan sector ekonomi lainnya,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM turut berbahagia dengan hadirnya Fakultas Kedokteran di Konsel. Sebagai Pemda dirinya mengucapkan selamat, karena cikal bakal UM Kendari akan berdomisili di Konsel.

“Saya yakin kedepan kampus utama yang berada di Kendari akan berpindah ditempat ini, setiap daerah yang ada pembangunan kampus, pasti ekonominya juga akan berkembang, oleh karena itu kami selalu membuka ruang agar percepatan pembangunan kampus ini berjalan lancar,” ucapnya.

Sebut dia, FK adalah salah satu fakultas yang ekslusif, itulah mengapa dirinya sebagai masyarakat Sultra sangat mensupport hadirnya FK di Konsel. Ini merupakan landmark baru, karena hanya ada dua daerah di Sultra yang memiliki FK, yakni Kendari dan Konsel. UM Kendari dan Muhammadiyah merupakan lembaga pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi.

“Dimana Universitas Muhammadiyah berdiri, maka daerah tempatnya akan berkembang dan mengangkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah sekitarnya,” tutup Bupati Konsel itu. (din/r2)

  • Bagikan