Jelang Pemilu, Pj Gubernur Sultra Sambangi BMKG, Basarnas dan PLN

  • Bagikan

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto saat menyambangi Kantor BMKG, Basarnas dan PLN. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke tiga instansi vertikal yang berada di Sultra, masing-masing Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultra, Basarnas Kendari, serta PLN UPDK Kendari, Rabu (7/2).


Pj Gubernur dalam kunjungannya untuk memastikan segala aspek pendukung pemungutan suara tanggal 14 Februari mendatang agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Mengawali kunjungannya, Pj Gubernur sambangi Kantor BMKG Sultra guna mendapatkan info mengenai prakiraan cuaca hidrometeorologi dan kegempaan di Sultra sepanjang tahun 2024.


“Saya harap Rekan-Rekan BMKG dapat menginfokan prakiraan cuaca dan kegempaan, dalam waktu dekat ini sehingga pelaksanaan distribusi logistik Pemilu, pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.


Dalam kesempatannya, Kepala Stasiun Meteorologi Sugeng didampingi Kepala Stasiun Klimatologi Aris, mengatakan akan mengupdate prakiraan cuaca dan kegempaan untuk memberikan informasi aktual sehingga dapat berkontribusi untuk lancarnya Pemilu 2024.


Ia juga menerangkan bahwa pada bulan Februari ini curah hujannya relatif tinggi, bahkan diatas rata-rata.


“Prakiraan kami Pak Gubernur, pertengahan Februari sampai dengan bulan Juni curah hujan tinggi dan puncaknya pada bulan Maret yang berpotensi terjadinya banjir. Diharapkan, kita untuk tingkatkan kewaspadaan,” jelas Ka Stasiun Klimatologi.


Pj Gubernur mengatakan bahwa BMKG diharapkan untuk intens memberikan informasi aktual sehingga seluruh masyarakat dan kita semua lebih siap untuk mengantisipasi dan menghadapi berbagai kemungkinannya.


Selesai kunjungan di BMKG, Pj Gubernur melanjutkan Kunker ke Kantor Basarnas Kendari. Setibanya di lokasi, Andap diterima oleh Plh Ka Basarnas Kendari. Disana, Pj Gubernur selanjutnya mengecek kesiapan dan kecepatan personel Basarnas untuk memakai alat perlengkapan SAR.


“Hasilnya baik, hanya butuh 51 detik Saudara menggunakan perlengkapan repling. Belajar dari pengalaman bencana di tempat kita, Rekan-rekan diharapkan lebih meningkatkan quick respon time sehingga dapat menolong dengan cepat masyarakat apabila terjadi bencana,” ucap Pj Gubernur.


“Kita tidak berharap adanya terjadi bencana, namun kita semua harus siap mengantisipasi berbagai kemungkinan, utamanya menyikapi curah hujan yang infonya relatif tinggi dan berpotensi terjadi bencana banjir. Ingatlah Salus Populi Suprema Lex Esto, keselamatan rakyat merupakan hukum yang tertinggi,” tambahnya.


Selesai dari Kantor Basarnas, Pj Gubernur berkunjung ke Kantor PLN UPDK Kendari. Disana, Pj Gubernur mengajak untuk bersama sukseskan Pemilu tahun 2024 dengan memastikan agar tidak ada pemadaman H-2 sampai dengan H+3 pemungutan suara.


“Agar menjadi atensi dan mohon atensi dari Jajaran PLN untuk tidak melakukan pemadaman mulai sekarang sampai dengan H+3 pemungutan suara. Mari kita sukseskan dan wujudkan Pemilu 2024 di Sultra yang berjalan baik dan lancar,” pungkas Pj Gubernur.


“Berdasarkan info dari BMKG, bulan depan intensitas curah hujan akan lebih tinggi. Jangan sampai instalasi listrik PLN mengalami gangguan distribusi. Terus intens memonitor dengan baik,” tambahnya.


Sementara itu, Asisten Manager PLN UP3 Kendari melaporkan bahwa PLN telah menyiapkan personel untuk piket siaga menyambut Pemilu. PLN juga akan membackup Kantor KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dengan genset 8.000 VA milik PLN yang telah dibagikan ke masing-masing ULP (Unit Layanan Pelanggan).


“Kondisi kelistrikan PLN UP3 Kendari diproyeksikan aman terkendali dalam rangka siaga Pemilu terhitung mulai tanggal 11 sampai dengan 17 Februari 2024 mendatang,” tegasnya. (r4/r2)

  • Bagikan