3 Puskesmas di Baubau Kembali Peroleh Akreditasi Paripurna

  • Bagikan

Kunjungan tim re-Akreditasi Puskesmas saat mengunjungi salah satu puskesmas di Kota Baubau.

BAUBAU, BKK – Sebanyak 3 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Baubau, kembali mendapatkan akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).


Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau Marfiah Tahara. Ketiga Fasiltas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) itu masing-masing Puskesmas Bungi, Puskesmas Meomeo, dan Puskesmas Betoambari.


“Ketiga Puskesmas tersebut sebelumnya telah dikunjungi tim Surveyor Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) pada akhir Januari 2024 lalu,” ujarnya.


Kata dia, akreditasi paripurna sebelumnya juga sudah diberikan kepada 2 puskesmas di akhir Januari lalu, masing-masing Puskesmas Melai dan lakologou. Disusul Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Puskesma Waborobo Kategori Utama.


“Puskesmas Melai dan lakologou, Bungi, meomeo, Betoambari,Labkesda peroleh Paripurna, Puskesmas Waborobo utama, namun hasil untuk Puskemas lainnya belum keluar semua hasilnya,” jelasnya.


Sebagai Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tentu pihaknya berbangga hati atas capaian tersebut. Kerja keras seluruh elemen yang terlibat dalam penilaian akreditasi akhirnya membuahkan hasil.


“Akreditasi paripurna merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan lembaga independen penyelenggara akreditasi kepada puskesmas. Penilaian berdasarkan fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan,” tuntasnya. (cr1/nir)

  • Bagikan