Waspada DBD, Dinkes Muna Gencar Lakukan Fogging dan Penyuluhan

  • Bagikan

Fogging yang dilakukan Dinkes Muna di sejumlah kecamatan yang tinggi tingkat DBD-nya.

RAHA, BKK – Waspada Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna gencar melakukan fogging dan penyuluhan. Sebanyak 80 orang terpapar DBD.

Lokasi DBD yang paling tinggi di Kecamatan Katobu dan Batalaiworu. Kemudian Kecamatan Wapunto dan Dana.

“Data yang masuk kepada kami sejak Senin pekan ini sudah 80 orang masyarakat yang kena DBD. Lokasi DBD yang terbanyak ada di Kecamatan Batalaiworu dan Katobu. Kemudian Wapunto dan Dana,” kata Kadinkes Kabupaten Muna Tasrim Darjo SKM pada koran ini melalui Kasi Penyakit Menular Dinkes Muna, Arifin Kase SKM M.Kes.

Agar DBD ini tidak menyebar cepat, Dinkes Muna sejak Januari 2024 sampai saat ini telah melakukan fogging di Kecamatan Batalaiworu, Katobu, Puskesmas Wapunto, dan Puskesmas Dana.

“Kita lakukan fogging di lokasi ada penderita DBD-nya. Kita juga lakukan penyuluhan keliling dengan menggunakan mobil sambil melakukan penyelidikan epidemologi, untuk memantau tingkat sebaran penyakit,” kata Arifin Kase pada koran ini, Rabu (28/2).

Dia pun mengimbau masyarakat agar menerapkan hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi. Lingkungan rumah dan rumah harus bersih dan tutup tempat-tempat penampungan air, agar tidak dijadikan tempat bertelur nyamuk DBD. (tri/nir)

  • Bagikan