Kapolresta Kendari Imbau Masyarakat Lebih Waspada Pencurian dan Kebakaran Rumah

  • Bagikan

Kapolresta Kendari Kombes Pol Aris Tri Yunarko.

KENDARI, BKK – Kapolresta Kendari mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap ancaman tindak pidana pencurian, salah satunya saat rumah ditinggal melaksanakan ibadah salat Tarawih. Selain pencurian kebakaran rumah saat kosong juga menjadi bagian dari imbauan Kapolresta Kendari.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Aris Tri Yunarko menekankan agar warga betul-betul cek rumah sebelum ditinggal pergi.

Lanjutnya, mulai mengecek keamanan pintu sampai dengan jendela rumah, bila ada kendaraan di dalamnya agar dikunci dengan kunci ganda. Kemudian pastikan sebelum meninggalkan rumah pastikan dan periksa kembali peralatan memasak dan kelistrikan dalam kondisi aman.

“Pastikan semua akses masuk rumah sudah terkunci saat ditinggal pergi, kemudian beritahu tetangga agar bantu diawasi saat meninggalkan rumah,” lanjutnya.

Ia menambahkan, dalam kondisi seperti itu banyak dimanfaatkan oleh pelaku ketika rumah sedang kosong. Jangan sampai barang-barang berharga maupun kendaraan yang berada di dalam rumah hilang saat warga pulang dari tarawih.

“Kesempatan menjarah barang-barang biasanya dimanfaatkan para pelaku kejahatan saat warga meninggalkan rumah, sebab aktivitas masyarakat untuk keluar rumah lebih sering,” jelasnya.

Ia menegaskan, warga harus terus tingkatkan kewaspadaan, apalagi mobilitas saat Ramadan dan menjelang lebaran itu lebih meningkat, inilah yang menjadi tingkat kerawanan terjadinya aksi kriminalitas. (m2/nir)

  • Bagikan