Pemdes Analahambuti Salurkan BLT Tahap I

  • Bagikan

Suasana penyaluran BLT-DD di Desa Analahambuti untuk tahap I salur 1,2 dan 3 tahun 2024.

UNAAHA, BKK – Pemerintah Desa (Pemdes) Analahambuti, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I untuk salur 1,2 dan 3 tahun anggaran 2024 ini, dengan jumlah Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 43 orang.

Penyaluran itu dilaksanakan di Balai Desa Analahambuti, pada Kamis (4/4). Turut hadir Kepala Desa Analahambuti Algusman, Pendamping Desa Suhri, Babinsa Praka Kalfin Jupiter, dan sejumlah aparat desa setempat.
Dikesempatan itu, Kepala Desa Analahambuti Algusman mengatakan, untuk BLT yang disalurkan berjumlah Rp900 ribu per KPM. Dengan rincian penyaluran Januari-Maret.

“Setiap KPM menerima BLT-DD sebesar Rp300 ribu. Jadi total yang diterimanya (KPM) itu selama 3 bulan sebesar Rp900 ribu,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya segera menyalurkan BLT-DD ini, mengingat kondisi masyarakat khususnya KPM setempat yang sedang sangat memerlukan biaya untuk keperluan sehari-hari. Apalagi menjelang hari raya Idulfitri.

Dan selain untuk memenuhi keperluan sehari-sehari, kata dia, masyarakat juga hendak membayar zakat fitra yang sudah menjadi kewajiban oleh setiap muslim.

“Berbagai upaya kita lakukan, supaya BLT-DD ini segara tersalurkan. Karena kami mengingat warga kita saat ini sedang memerlukan biaya untuk memenuhi kebutuhan pokok serta urusan lainnya, termasuk pembayaran zakat,” ujarnya.

Algusman mengimbau, kepada masyarakat penerima BLT-DD untuk dapat berpartisipasi aktif. Bahwa setiap penerima harus mendatangi Balai Desa setempat, sebagai tempat penyaluran BLT-DD dengan membawa KTP dan KK untuk keperluan administrasi panitia penyalur BLT-DD.

“Jadi, kita harapkan supaya para penerima BLT-DD langsung mengambil dananya di Balai Desa, bukan di rumah bendahara. Balai Desa kita ini luas, punya kapasitas besar untuk menampung masyarakat. Jadi tidak ada alasan, semua penyaluran di pusatkan di tempat ini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Pendamping Desa Suhri mengatakan, untuk kegiatan penyaluran BLT-DD di Kecamatan Wawotobi sudah dilaksanakan oleh 2 desa. Yakni Korumba dan Analahambuti.

Dikesempatan itu, Suhri berharap, supaya BLT-DD yang telah disalurkan selama 3 bulan ini dapat dipergunakan sesuai peruntukannya.

“Selain itu, yang kami harapkan supaya Pemdes setempat dalam menjalankan program DD-nya agar senantiasa selalu berkoordinasi dengan kami terkait dengan progres dan pencapaian, sebagaimana dengan perencanaan awal pembiayaan pembangunan desa itu sendiri,” tuturnya. (irm/nir)

  • Bagikan