Lomba Tradisional Macukke Turut Meriahkan HUT Kota Kendari

  • Bagikan

Situasi perlombaan lomba Macukke di lapangan Benubenua. (FOTO: SRI/BKK)

KENDARI, BKK – Lomba tradisional Macukke turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari.

Lomba tersebut diikuti Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) bersama camat se-Kota Kendari. Kegiatannya difokuskan di lapangan Benubenua, Kecamatan Kendari Barat, Sabtu (4/5).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari Sri Nursyam Dewi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi lomba permainan tradisional ini, sebab menurutnya banyak kalangan anak muda zaman sekarang sudah tidak mengenal lagi permainan tempo dulu.

“Kami sangat senang sekali dan antusias. Dimana permainan ini sudah mulai dilupakan, tapi alhamdulillah budaya lokal kita kini diangkat kembali dalam perayaan HUT Kota Kendari,” ujarnya, Sabtu (4/5).

Pada babak penyisihan pertandingan lomba Macukke ini, Dinas Kominfo Kota Kendari berhasil mengalahkan Kelurahan Puuwatu, selanjutnya, Dinas Kominfo akan berhadapan dengan Bapenda diperempat final nanti.

Sri Nursyam Dewi berharap lomba tradisional ini dapat mengingatkan kembali generasi muda mengenai permainan tradisional zaman dulu.

Sementara itu, Juri/Panitia Lomba Macukke Bastin menyebut perlombaan ini menggunakan sistem gugur. Perlombaan ini juga bakal berlangsung hingga 2 hari. Dan babak final pada Selasa 7 Mei 2024 di Lapangan Benubenua. Adapun peserta lomba yang tidak menghadiri pertandingan dinyatakan Walkover atau WO.

“Ini disebabkan karena mereka telat. Artinya, setelah kami panggil beberapa kali tapi pesertanya terlambat datang dengan alasan mungkin ada kegiatan. Tapi kami dari pihak penanggungjawab sudah menyampaikan melalui grup WhatsApp, sehingga ada beberapa peserta yang WO,” tuntasnya. (m2/nir)

  • Bagikan