LPPMP UHO Pantau dan Evaluasi Pelaksanaan UTBK 2024

  • Bagikan

KENDARI, BKK- Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu Oleo (UHO) ditugaskan oleh Pusay Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)- Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) UHO untuk melakukan pemantauan atau monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan UTBK, sejak 30 April hingga 7 Mei 2024.

Ketua LPPMP UHO sebagai Koordinator Tim Monev UTBK UHO, Dr La Ode Santiaji Bande menyampaikan tugas dan tanggungjawab tim monev adalah memastikan aturan dan tata tertib pelaksanaan UTBK dipatuhi semua pihak (Penanggung Jawab Lokasi (PJL) atau Wakil Penanggung Jawab Lokasi (WPJL), pengawas ruang, teknisi ruang, dan peserta),

“Kita juga memantau hal-hal lain terkait pelaksanaan UTBK. Ini penting untuk menjaga situasi dan kondisi pelaksanaan UTBK tetap kondusif sebagaimana yang diharapkan oleh peserta dan masyarakat,” ujarnya, Senin (6/5).

Selain itu, rangkuman laporan individual anggota tim monev dari 30 lokasi UTBK di UHO akan menjadi bahan laporan ke Pusat UTBK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek.

Menurutnya, sejauh ini pelaksanaan UTBK UHO berjalan dengan baik. Pembagian sesi ujian pagi dan siang: Sesi 1 (pagi) pukul 7.45- 11.30Wita, dan Sesi 2 (Siang) pukul 13.30- 17.15 Wita dan seterusnya sampai Sesi 13.

Pelaksanaan UTBK tersebar di 30 lokasi ujian di dalam lingkungan UHO dan melibatkan serangkaian proses logistik, administratif, dan teknis yang terorganisir dengan baik.

Ia menambahkan, selama pemantauan pelaksanaan UTBK, tingkat kehadiran mencapai rata-rata 95%, ini menunjukkan tingkat partisipasi yang tinggi dari para calon mahasiswa.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa sampai saat ini belum ditemukan pelaggaran peraturan dan tata tertib dari semua pihak yang terlibat.

Adapun masalah atau hambatan yang ditemukan bersifat teknis dan individual, seperti: mati lampu saat UTBK berlangsung, pendingin ruangan yang kurang bekerja maksimal, dan masalah kesehatan peserta.

Namun, semua masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat berkat kesiapan, kesigapan, dan kerjasama tim panitia UTBK.

“Kita berharap agar pelaksanaan UTBK di UHO berjalan sebagaimana sebelumnya atau bahkan lebih baik lagi. Untuk itu, Laporan Tim Monev penting sebagai evaluasi dalam rangka menyongsong pelaksanaan UTBK pada tahun mendatang,” pungkasnya. (din/r2)

  • Bagikan

Exit mobile version