Paket Bantuan Untuk Korban Bencana Hidrometeorologi Terus Disalurkan

  • Bagikan
Asmawa Tosepu (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus menyalurkan paket bantuan kepada para korban bencana Hidrometeorologi yang terjadi beberapa waktu lalu.


Terbaru, Pemkot menyalurkan bantuan kepada 16 Kepala Keluarga (KK) korban bencana yang ada di Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu yang merupakan salah satu kecamatan yang terdampak cukup parah.


Pejabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Jumat (10/3) mengatakan bantuan yang terus disalurkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kota Kendari pada korban untuk digunakan dalam kondisi tanggap darurat.


“Bantuan yang sudah disalurkan merupakan bantuan yang sudah disiapkan Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kendari berupa tenda, bahan pokok makan, termasuk selimut dan kebutuhan mandi,” katanya.


Asmawa menjelaskan, bantuan yang disalurkan pihaknya sudah melalui proses penilaian oleh Dinsos Kendari. Dimana penyerahannya dilakukan secara simultan.


“Sambil menunggu bantuan perbaikan rumah yang sedang diusulkan pada Kementerian Sosial maupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kita berikan bantuan yang ada dulu dan berguna untuk para korban,” katanya.


Kepala Dinas Sosial Abdul Rauf menjelaskan, saat ini Dinas Sosial Kota Kendari memiliki sebanyak 100 paket penanggulangan bencana untuk para korban. Sudah sekira 30 paket yang telah disalurkan pada korban bencana di Kecamatan Mandonga dan Puuwatu.


“Kategorinya berdasarkan asesmen kita yang pertama rumahnya habis, kemudian warga miskin, kita dahulukan mereka karena rumahnya rusak. Artinya Dinsos hadir karena tanggap daruratnya,” jelasnya.


Menurutnya, bantuan yang diberikan merupakan kebutuhan dasar warga yang terkena bencana yang sifatnya mendesak. Dan saat ini jumlahnya masih terus bertambah berdasarkan laporan yang masuk dan hasil penilaian. (r1)

  • Bagikan