Warga di Kendari Temukan Bom Aktif Peninggalan Perang Dunia II

  • Bagikan
Tim Jibom Brimob Polda Sultra Mengamankan Bom Aktif yang Ditemukan Warga. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK – Sebuah benda diduga bom peninggalan perang dunia II ditemukan di Komplek Perumahan The Villas Kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga Kota Kendari, Selasa (4/4) sekitar pukul 10.45 Wita.

Bom aktif tersebut ditemukan oleh buru bangunan yang sementara melakukan penggalian tanah untuk cakar ayam bangunan rumah.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Kendari Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Muh Eka Faturrahman membenarkan penemuan tersebut.

Eka mengurai awalnya saksi yang menemukan bom tersebut sedang menggali tanah pada kedalaman dia meter untuk pondasi cakar ayam bangunan.

Saat sedang menggali tiba – tiba menemukan benda berupa besi yang diduga bom.

Kemudian, saksi melaporkan benda temuannya tersebut kepada mandor dan pengawas.

“Anggota Bhabinkamtibmas yang mendapat laporan kemudian melaporkan kepada Kapolsek Baruga AKP UMAR, SH untuk di lakukan pengamanan tempat di temukannya benda tersebut,” ujar Eka.

Eka mengatakan Tim Jibom Brimob Polda Sultra langsung ke lokasi penemuan dan melakukan sterilisasi lokasi.

Sekitar pukul 12.40 Wita, benda yang diduga bom tersebut diangkat dari dalam galian pondasi selanjutnya dilakukan pembersihan dan pengecekan kondisi bom.

“Benda yang ditemukan berupa bom curah yang diduga berasal dari Pesawat perang Dunia II. Ukuran Bom diameter 20 cm panjang 104 Cm,” ungkap Eka.

Lanjut Eka mengatakan, setelah dilakukan koordinasi dan disepakati benda yang diduga bom tersebut segera dimusnahkan.

Sekitar pukul 13.00 Wita, Kapolsek Baruga bersama Kasat Intelkam dan Tim Jibom mengecek lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pemusnahan (Disposal) bom di Homebase Lepo-lepo, Kelurahan Abeli Dalam dan Kelurahan Anggalo Melai Kecamatan Abeli Kota Kendari.

“Sekitar pukul 15.40 Wita, bom dievakuasi menuju tempat pemusnahan dan telah dilakukan pemusnahan,” pungkasnya. (r2/nan)

  • Bagikan