Hari Pertama USBD Jenjang SD di Kendari Berjalan Lancar

  • Bagikan
Pelaksanaan USBD di SDN 84 Kendari diikuti 5.055 peserta didik

KENDARI, BKK- Hari pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Digital (USBD) jenjang sekolah dasar (SD) di Kota Kendari berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Tercatat ada 125 SD baik negeri dan swasta, serta 5.055 peserta didik yang mengikuti ujian, Senin (8/5).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kendari Darwis mengatakan, pemantauan USBD jenjang SD di Kendari yang dilakukan di beberapa sekolah secara umum berjalan dengan tertib dan lancar.

Ia menjelaskan, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan USBD, sejak 8- 11 Mei 2023 mendatang  pihaknya telah menyiapkan posko USBD. Jadi, semua aktivitas peserta ujian terpantau dengan baik oleh tim teknis USBD Kendari jenjang SD dan SMP.

“Masing-masing SD yang menggelar USBD menyediakan wifi ataupun paket. Namun ada satu sekolah yakni SD 75 Kendari yang berada di Abeli Dalam tidak terjangkau jaringan, sehingga menumpang melaksanakan ujian di SMP 3 Kendari,” ujarnya seusai memantau USBD di SDN 84 Kendari.

Selain itu, lanjut dia, untuk menjamin kelancaran USBD sampai hari terakhir, Dikmudora Kendari telah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telekomunikasi (Telkom).

Sementara, Kepala SDN 84 Kendari, Jumia SPd mengatakan, ujian hari pertama tidak ada kendala berarti. Persoalan jaringan pun teratasi dengan baik, hanya saka ada satu siswa di sekolahnya diketahui sedang sakit.

“Jumlah peserta di SDN 84 Kendari ini sebanyak 136 orang dan ruangan yang digunakan tujuh rombongan belajar (rombel),” pungkasnya.

Ia menuturkan, USBD ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan ujian menggunakan kertas. Pihaknya sendiri menyiapkan dua teknisi untuk menjamin kelancaran ujian. (din)

  • Bagikan

Exit mobile version