BPVP Kendari Tutup Tujuh Paket Pelatihan MTU di Tiga Kabupaten Berbeda

  • Bagikan
Penutupan pelatihan MTU tiga kabupaten BPVP Kendari. (FOTO:RUL/BKK)

KENDARI, BKK –Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari menutup secara serentak tujuh paket pelatihan berbasis kompetensi non institusional atau Mobile Training Unit (MTU) yang pelaksanaannya dilakukan di tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (12/10).

Kepala BPVP Kendari Amran ST menyebutkan, tujuh paket yang ditutup secara serentak yaitu pelatihan MTU yang dilaksanakan di Kota Baubau sebanyak dua paket, Kabupaten Buton Tengah sebanyak tiga paket dan Kabupaten Muna sebanyak dua paket.

“Pelatihan MTU yang ditutup tersebut merupakan pelatihan MTU tahap Tiga yang dibuka pada beberapa bulan lalu dan telah berakhir,” katanya ketika menutup secara resmi pelatihan MTU di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah.

Ia menjelaskan, di Kota Baubau dua paket yang ditutup yakni pelatihan Audio Video di Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Batupoaro dan pelatihan Service Sepeda Motor Konvensional di Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuno.

Pelatihan yang ditutup di Kabupaten Muna tepatnya di Kecamatan Tongkuno yakni Las dan asisten pembuat pakaian (menjahit dasar), sementara untuk di Kabupaten Buton Tengah yaitu Service Sepeda Motor Konvensional, Las dan asisten pembuat pakaian (menjahit dasar) di Kecamatan Mawasangka.

“Alhamdulillah, pelatihan ini berjalan dengan baik dan telah berakhir sebagaimana harapan kita semua. Sebanyak 112 siswa dari tiga kabupaten telah berlatih dengan sungguh-sungguh,” jelas dia ketika menutup pelatihan di kampung halamannya tersebut.

Amran berharap, setiap siswa yang telah mengikuti pelatihan dapat menjadikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh sebagai modal untuk kelak bisa bekerja dan berusaha. Bekerja di dunia usaha dan dunia industri atau berusaha secara mandiri maupun kelompok yang manfaatnya dapat dirasakan banyak orang.

“Saya juga berharap, pemerintah setempat dapat memberikan ruang lebih terhadap para alumni pelatihan BPVP Kendari untuk bekerja atau berusaha melalui kebijkan-kebijkan yang ada sehingga keterampilan yang telah didapat tetap terasa dan tidak tumpul,” tandasnya.

Diketahui, pada tahap tiga pelatihan MTU BPVP Kendari sekiranya ada delapan paket yang telah dibuka, namun baru tujuh paket yang ditutup. Untuk satu paket yang belum ditutup yakni pelatihan Audio Video di Kelurahan Takimpo Kombeli Kecamatan Pasar Wajo Kabupaten Buton.

Penutupan pelatihan di Kecamatan Mawasangka sendiri, ditutup secara resmi Kepala BPVP Kendari Amran ST yang turut di hadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buton Tengah yang diwakilkan kepada Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kabupaten Buton Tengah La Ode Hardin S.Sos M.Si, Camat Mawasangka Sahiruddin SPd MM, serta beberapa lurah dan tokoh masyarakat Mawasangka.(m1/r2)

  • Bagikan