6 Daerah di Sultra Kondisi Mantap Jalan Provinsi

  • Bagikan
Pahri Yamsul. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan ada 6 daerah di Sultra dalam kondisi mantap jalan provinsi. Adalah, Kota Baubau, Kendari, Buton Selatan, Buton, Muna dan Muna Barat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul mengatakan, panjang jalan provinsi sesuai data terakhir yakni sepanjang 1.076 kilometer (km). Kata dia, kondisi tidak mantap yakni 18,44% atau sekitar 176 kilometer.

“Sementara daerah mantap kondisi jalannya yakni Kota Baubau 100%, Buton Selatan 100%, Buton mendekati 100%, Muna, Muna Barat dan Kota Kendari. Itu kewenangan kita, harapan kita muda-mudahan kondisi keuangan kita semakin membaik agar sesegera mungkin kita mantapkan,” kata Pahri, Selasa (23/1).

Dikatakan, beberapa jalan menjadi gawean provinsi terus dilakukan pembenahan, diantaranya di Kabupaten Konawe telah dilakukan pengaspalan sepanjang 3 kilometer. Tepatnya, kata dia, di Abuki untuk anggaran 2023. Sambung dia, tahun ini pihaknya juga melakukan perbaikan jalan di Kabupaten Konawe sepanjang 6 kilometer.

“Mudah-mudahan selesai. Dan kita menggunakan dana inpres jalan daerah. Mudah-mudahan harapan saudara-saudara kita segera terwujud, agar akses ke daerah-daerah persawahan, pemukiman dan daerah pontesial bisa segera terwujud,” terangnya.

Dijelaskan, walapun anggaran sangat terbatas tahun ini, tetapi pihaknya dalam sisi kebinarmargaan terus berupaya mengoptimalkan pontesi yang ada. Kata dia, dana dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun ini sebanyak Rp27,5 miliar.

“Tapi itu tidak menjadi kendala untuk menangani jalan-jalan yang ada. Sehingga jalan yang kita benahi itu betul-betul sangat pontesial. Selain itu kita juga di bina marga ada kebagian DAK, DBH dan inpres jalan daerah,” jelasnya.

Dia bilang, untuk jalan provinsi yang dilakukan perbaikan khususnya di daratan ada di Kota Kendari (Jalan Haluoleo Kompleks Perkantoran), Konawe Selatan (Konsel) (Batas Konawe-Lambuya, Alangga-Tinangge, Motaha-Alangga).

“Jadi ada 3 ruas untuk di Konsel. Terus daerah Kolaka Timur (Raterate-Polipolia) kemudian di Kolaka (Batas Kolaka-Baula). Sementara untuk daerah kepualauan kita pekerjaan jalan di Buton Tengah (Batas Muna Barat ke Pelabuhan Wamengkoli). Selanjutnya, Kabupaten Buton Utara (Lambale-Ereke),” ungkapnya.

Ditambahkan, beberapa jalan provinsi yang dibantu melalui inpres yang diperjuangkan saat ini yakni ruas jalan Buton Utara-Buton, sekitar 100 kilometer.

“Yang berikut kita inpres jalan daerah juga sesuai kunjungan Menteri PU di Kolaka Utara itu juga ada di Porehu-Tolala. Insya Allah itu juga segera terealisasi,” tutupnya. (r4/nir)

  • Bagikan