80.483 Pemilih Pemula di Sultra Telah Lakukan Perekaman

  • Bagikan

Muhammad Fadlansyah.

KENDARI, BKK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, sebanyak 80.483 pemilih pemula di Sultra telah melakukan perekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dari total 113.926 jiwa.


Kepala Disdukcapil Sultra Muhammad Fadlansyah mengatakan, salah fokus Dukcapil tahun ini yakni menuntaskan perekaman pemilih pemula di Sultra.


“Total pemilih pemula Sultra sebanyak 113.926 jiwa. Yang sudah rekam 80.483 jiwa atau 71,18%,” kata Fadlansyah, Rabu (24/1).


Dikatakan, saat ini pihaknya bersama tim dari kabupaten/kota setiap saat turun ke lapangan, untuk melakukan perekaman kepada pemilih pemula.


“Sekarang seluruh jajaran dukcapil provinsi dan kabupaten/kota aktif melakukan jemput bola,” ujarnya.


Fadlansyah menuturkan, perekaman KTP-el dilaksanakan langsung di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan pusat-pusat layanan publik yang terdekat dengan masyarakat.


“Jadi, target kita ini tuntas sampai hari pemungutan suara. Karena mereka sebenarnya sudah masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) atau kalau KPU DPT (Daftar Pemilih Tetap). tetapi kita ingin menjamin jangan sampai karena tidak ada KTP-nya itu tidak bisa memilih. Nah itu yang kita mau pastikan,” ungkapnya.


Fadlansyah berharap, perekaman bisa segera tuntas sesuai target pemilih pemula yang ada di Sultra, meski dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM).


“Kita optimis perekaman Dukcapil di Sultra bisa tuntas sesuai target yang ada,” tuntasnya. (r4/nir)

  • Bagikan