Pemkab Konawe Mulai Salurkan Bantuan CBP di 28 Kecamatan

  • Bagikan

Pj Bupati Harmin Ramba saat melepas logistik bantuan beras di 28 kecamatan di Konawe.

UNAAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mulai menyalurkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), pada Rabu (24/1).


Penyaluran bantuan dari APBN ini secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Harmin Ramba yang berlangsung ceremonial di Gudang Bulog Kabupaten Konawe, Kelurahan Tobeu, Kecamatan Unaaha.


Turut menyaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se tempat, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe.


Dikesempatan itu, PJ Bupati Harmin Ramba mengaku, beras yang disalurkan ini sebanyak 218.250 kilogram, dimana dalam jumlah itu terdapat setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima jatah masing-masing 10 kilogram.


“Total penerima sebanyak 21.825 KPM, tersebar di 28 kecamatan se-Kabupaten Konawe,” ujarnya.


Ia mengatakan, pihaknya menyalurkan beras bantuan pangan tersebut kepada masyarakat, sebagai upaya pemerintah dalam menekan inflasi, kemiskinan ekstrem, dan stunting.


Menurunya, saat ini Pemkab Konawe telah berhasil menurunkan inflasi menjadi 2,51%.

Namun, lanjutnya, dengan angka tersebut pihaknya belum puas dan akan terus berupaya mencegah inflasi agar dapat terus terkendali.


“Hal ini menjadi perhatian kita, jangan terlena. Kita harus tetap kerja dan terus kerja,” pintanya.


Ia mengaku, memang Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya di Kabupaten Konawe saat ini masuk dalam kategori rawan bencana. Dan hal tersebut dapat memicu naiknya inflasi dan kemiskinan ekstrem.


Sehingga di kesempatan itu, ia mengimbau seluruh stakeholder, seperti pihak pemkab dan Forkopimda agar dapat bersinergi, dan saling bahu membahu mengawal penyaluran bantuan tersebut agar dapat tepat sasaran.


“Dalam waktu dekat ini juga bakal kita salurkan 10 ribu paket sembako yang berisikan beras, minyak goreng, dan gula. Dan program ini tidak sampai di sini saja, ini akan kita upayakan agar terus berjalan secara berkelanjutan,” tutupnya.


Di tempat yang sama, Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Konawe Abdan Djarmin mengatakan, gudang Bulog saat ini telah menampung beras sebayak 1.600 ton yang siap disalurkan, untuk beberapa program pemerintah seperti pencegahan stabilitas harga, serta gerakan pangan murah.


“Kegiatan ini dapat terselenggara karena adanya kerja sama yang baik, antara pemerintah dan Bulog,” tuntasnya. (irm/nir)

  • Bagikan