426 Jamaah Haji Kota Kendari Ikuti Bimtek Manasik Haji

  • Bagikan

426 peserta jamaah haji siap mengikuti bimtek. (FOTO:SRI/BKK)

KENDARI, BKK- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Kementerian Agama Kota Kendari melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) manasik haji bagi 426 peserta jamaah haji Kota Kendari.

Dengan mengandeng lembaga agama yang melibatkan ulama dan tenaga ahli, kegiatan ini berlangsung di Aula Asrama Haji Kota Kendari, Selasa (5/2).

Bimtek manasik haji tahun 2024 ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra bersama lembaga terkait.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan Bimtek manasik haji tahun 2024 ini mengingatkan mengenai pelaksanaan haji mulai dari pemberangkatan hingga tiba di Arab Saudi.

“Bagi saudara-saudara kita yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji, ini adalah momen yang sangat istimewa dalam hidup Anda. Anda akan meninggalkan keluarga, sahabat, dan rutinitas sehari-hari untuk sementara waktu guna mencapai tujuan suci ini. Hal ini menunjukkan keimanan, kekuatan tekad, dan kesungguhan Anda dalam menjalankan ibadah yang mulia ini,” terang Ridwansyah Taridala.

Ia menambahkan, melalui kegiatan manasik haji yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan para Jamaah Haji dapat mengikuti tata cara pelaksanan Ibadah Haji yang baik dan benar, sehingga dalam melaksanakan rukun Haji dengan khusyuk.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengungkapkan, untuk Jamaah Haji laki-laki berjumlah 140 orang, Jamaah Haji perempuan berjumlah 282 orang.

Sedangkan, untuk Jamaah Haji usia lanjut berjumlah dua orang dengan usia sekira 80 tahun.

“Jadi, materi Bimtek manasik Haji ini akan dibawakan oleh para pembimbing Jamaah Haji yang telah tersertifikasi dan ulama yang ada di Kota Kendari,” pungkasnya. (m2/r2)

  • Bagikan