Ir Sukanto, Adipura ke-8 Bukti Kerja Pemkab dan Masyarakat Menjaga Kebersihan

  • Bagikan

Pj Bupati Kolut, Ir Sukanto Toding saat menerima piala Adipura dari Wakil Menteri. (FOTO: MANSIRAL/BERITA KOTA KENDARI)

LASUSUA, BKK – Untuk yang ke-8 kali secara beruntun, Kolaka Utara (Kolut) kembali meraih penghargaan piala Adipura sebagai salah satu kota di Indonesia yang berhasil dalam menjaga kebersihan lingkungan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan.


Penghargaan Adipura ke-8 kalinya untuk penilaian di tahun 2023, penyerahan penghargaan ini dibuka, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, dan diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong. Di Aula Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (5/3).


Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA mengatakan, Adipura ini merupakan hasil kerja semua pihak, baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut maupun masyarakat.


“Adipura ini kesungguhan dan keseriusan pemkab dan partisipasi aktif masyarakat dalam bersama menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola lingkungan yang baik, serta berkelanjutan,” kata Sukanto.


Menurut Sukanto, penilaian yang mendapat nilai tinggi yakni gerakan kerja bakti pasar, pembenahan saluran drainase, perbaikan lingkungan di sekolah, penataan taman hutan kota, serta memenuhi semua aspek yang menjadi standar dalam penilaian Adipura.


“Adipura merupakan wujut komitmen bersama pemkab dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat sesuai standar kesehatan. Adipura ini harus dijaga dan dipertahankan, secara keberlanjutan di masa mendatang,” ujarnya.


Sukanto mengungkapkan, keberhasilan mempertahankan Adipura ini, adanya inovasi dan upaya berkelanjutan dalam peningkatan kualitas lingkungan yang lebih maju dan baik.


“Pemkab Kolut berkomitmen untuk terus bekerja keras dan mengimplementasikan program yang berkelanjutan, untuk menjaga keindahan kota yang keberlanjutan. Lingkungan hidup yang bersih dan sehat,” tutur Sukanto.


Sukanto mengharapkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Menjalankan program pemerintah yang menjadi skala prioritas seperti menurunkan angka stuning, menurunkan angka kemiskinan dan Inflasi.


“Penghargaan Adipura ini harus jadi pemicu semangat untuk semua dalam memberikan pelayanan yang maksimal pada masyarakat,” imbuhnya. (ral/nir).

  • Bagikan