Dandim 1413 Buton Pimpin Pembersihan Pasar dan Pantai di Baubau

  • Bagikan

Dandim 1413 Buton Letkol Inf Ketut Janji SH, bersama masyarakat saat membersihkan Pantai Lakeba dan Pasar di Kelurahan Bugi Kecamatan Wolio, Kota Baubau.

BAUBAU, BKK – Ratusan personel Kodim 1413/Buton bersama dengan komponen masyarakat menggelar Karya Bakti aksi bersih-bersih objek wisata Pantai Lakeba dan Pasar di Kelurahan Bugi, Kecamatan Wolio, Kota Baubau.

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan disela-sela kesibukan Kodim 1413 Buton pada tugas TMMD ke-119 tahun 2024. Kegiatan tersebut dipimpin langsung Dandim 1413/Buton Letkol Inf Ketut Janji, S.H bersama masyarakat setempat.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih, rangkaian kegiatan diawali dengan pengecekan personel sekaligus pengarahan yang disampaikan oleh Dandim 1413/Buton Letkol Inf Ketut Janji, S.H.

“Mari kita sama-sama untuk melaksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh semangat dan keikhlasan. Semoga apa yang kita perbuat bisa bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar,” ungkap Dandim 1413/Buton Letkol Inf Ketut Janji S.H.

Dikatakan, tujuan pembersihan pantai dan pasar tersebut guna untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan. Baik di pasar pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari, serta meningkatkan kerja sama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir hingga pasar.

“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Kita harus bersinergi untuk menjaga keindahan alam serta kesehatan masyarakat. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa menyadarkan bagi pengguna pasar, maupun wisatawan. Sehingga nantinya pengunjung tidak sembarangan membuang sampah,” harap Dandim.

“Kalau pantainya bersih tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berwisata, yang tentunya akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Dandim.

Sementara, Penjaga Pantai Lakeba Lala mengaku senang dan bangga atas kehadiran TNI yang turut membantu membersihkan pesisir Pantai Lakeba ini.

“Kami senang bahkan bangga karena TNI turut membantu kami membersihkan pesisir Pantai Lakeba. Sehingga Pantai Lakeba ini kelihatan bersih dan bisa menarik minat pengunjung,” tuntas Lala. (cr1/nir)

  • Bagikan