Gerbang Jalan Kendari-Toronipa Sudah Dibuka 2 Jalur

  • Bagikan

Pahri Yamsul. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan proyek pembangunan gerbang Jalan Kendari-Toronipa kini telah rampung 100%. Bahkan, saat ini sudah dibuka 2 jalur.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul mengatakan, gerbang Kendari-Toronipa sejak pekan lalu sudah diuji coba 2 jalur.

“Jadi, sudah dibuka 2 jalur. Semoga uji coba ini berjalan lancar,” ujar Pahri saat diwawancarai, Senin (1/4).

Dikatakan, secara kontruksi, gerbang Kendari-Toronipa telah mencapai 100%.

“Saat ini yang tersisa tinggal lighting-nya, tahun depan lightingnya dikerjakan. Anggaran pembangunan gerbang Kendari-Toronipa sekitar Rp32 miliar,” jelasnya.

Pahri bilang, konsep gerbang Kendari-Toronipa secara imajinasi dalam grand desain itu di sesuaikan dengan karakteristik Kota Kendari, tentu dengan tidak melupakan konten-konten lokal.

“Jadi, konten lokal itu kita hadirkan dalam bentuk arsitektur dengan mencerminkan pemahaman dan budaya kita, bagaimana memanfaatkan potensi lokal agar menjadi satu kesatuan dengan kota itu sendiri,” ucapnya.

Pahri berharap agar masyarakat mendukung proyek ini, tidak hanya sebagai infrastruktur jalan raya tetapi juga sebagai bagian dari estetika Kota Kendari.

Kata dia, kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi area wisata, sehingga diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihannya.

“Gerbang ini, bersama dengan Teluk Kendari, masjid Al-Alam, dan kawasan MTQ tentu akan memperkaya akses wisata di Kota Kendari,” ungkapnya.

Pahri menambahkan, dengan adanya gerbang jalan Kendari-Toronipa, Kota Kendari diharapkan semakin memancarkan keindahan dan memiliki daya tarik tersendiri.

“Gerbang ini selain memberikan identitas kota, juga akan meningkatkan pariwisata dan aksesibilitas masyarakat. Semoga ini dapat dimanfaatkan, untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi lokal masyarakat,” pungkasnya. (r4/nir)

  • Bagikan