Penetapan 30 Anggota DPRD Muna Terpilih Menunggu Pleno KPUD Muna

  • Bagikan

Sekretaris DPRD Kabupaten Muna, La Kore SPd MPd.

RAHA, BKK – Pemilu 2024 sudah usai digelar tanggal 14 Febuari 2024 lalu. 30 anggota DPRD Muna terpilih hasil rekapitulasi pileg 2024, juga sudah diplenokan oleh KPU Muna.

Namun pelantikan ke-30 Anggota DPRD Muna terpilih periode 2024-2029 belum dilakukan, karena masih menunggu pleno penetapan caleg terpilih oleh KPUD Muna.

Sekwan DPRD Muna La Kore SPd MPd saat dikonfirmasi koran ini kemarin mengatakan, jika masa jabatan anggota legislatif (Aleg) periode 2019-2024 itu akan berakhir bulan Oktober 2024.

Sedangkan, lanjutnya, Aleg terpilih hasil Pemilu periode 2024-2029 itu, pelantikannya masih menunggu jadwalnya pleno KPUD Muna. Termasuk persiapan pelantikan, pihaknya juga masih menunggu pleno penetapan oleh KPUD Muna,” kata La Kore pada koran ini, Senin (1/4).

Katanya, kalau sudah ada pleno penetapan oleh KPUD Muna bagi 30 Aleg DPRD Muna terpilih, maka Sekretariat DPRD Muna akan mengundang 30 Aleg terpilih, secara khusus.

“Agendanya pasti sama dengan pelantikan 30 Aleg periode sebelumnya. DPRD Muna akan mengundang khusus Aleg terpilih, untuk mengikuti rangkaian persiapan pelantikan,” tambah Sekwan DPRD Muna ini.

Terpisah, Sekretaris KPUD Muna Drs Halisi saat dikonfirmasi mengenai pleno penetapan 30 Aleg terpilih pada Pemilu 2024 mengatakan, masih menunggu sidang di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita masih menunggu persidangan di MK. Saat inikan sedang bergulir sidang terkait gugatan Pilpres 2024. Setelah itu kita masih menuggu apakah ada gugatan dari hasil DPR RI, DPD, DPRD kabupaten/kota se-Indonesia di MK,” paparnya.

“Mungkin ada gugatan terkait hasil pileg 2024. Nantikan MK itu akan mengeluarkan list, daerah mana saja di Indonesia yang tidak ada gugatan hasil pileg. Setelah itu, baru kami di KPUD Muna menjadwalkan untuk melakukan pleno penetapan Aleg terpilih tanggal 14 Februari 2024,” jelas Sekretaris KPU Kabupaten Muna ini.

Sekedar informasi, bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara pada Pemilu 14 Februari lalu, wajah Aleg DPRD Muna mayoritas akan diisi oleh pendatang baru. Dari komposisi 30 kursi yang diperebutkan, PDIP sukses meraih 5 kursi dari 6 Dapil yang diperebutkan. Kemudian disusul Golkar, Gerindra dan Demokrat dengan masing-masing 4 kursi, Nasdem, PKS dan PKB 3 kursi, Hanura 2, sisanya masing-masing 1 kursi diraih PAN dan PBB.

Berikut nama-nama 30 Anggota DPRD Muna periode 2024-2029, berdasarkan hasil rekapitulasi suara yang akan dilantik untuk mengisi 30 kursi di DPRD Muna periode 2024-2029.

Adalah, Wa Nurnia, Agustini Muhaimin, Murida,
Muhammad Natsir Ido, Cahwan, La Ode Dyrun, La Ode Sumiadi, Zahrir Baitul, La Ode Gerson Kadaka, Sarif Ramadhan, L. Honto Darwin, La Ode Andri Ashary, La Ode Ary Priadi Annas, Arya Yudhistira, La Ode Ena, Siswono, Asdar, Muhamad Rahim, La Ode Muhammad Oster, Abdul Salam Loga, Muhamad Saleh Hayadi, La Ode Hermin, Muhamad Takdir, Muhamad Tomorimbi, Muhamad Sahrun, La Sali, Awal Hisabu, La Irwan, Rasmin dan Muhamad Zultasyridah. (tri/nir)

  • Bagikan