Ketua DPC PDIP Muna Beri Sinyal yang Duduk Kursi Ketua DPRD Muna Generasi Milenial

  • Bagikan

Ketua DPC PDIP Kabupaten Muna Freby Rifai SH ( pakai jaket merah) bersama pengurus DPC PDIP Muna dan Aleg terpilih Muhamad Rahim.

RAHA, BKK – Dalam Pileg yang digelar tanggal 14 Febuari 2024 lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Muna berhasil meraih kursi terbanyak di DPRD Muna yaitu 5 kursi dari 6 dapil di Kabupaten Muna.

Sudah tentu, yang duduk menjadi Ketua DPRD Muna nanti adalah aleg dari PDIP.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Muna Freby Rifai SH saat ditanya koran ini apakah nanti DPC PDIP Muna akan menempatkan aleg muda atau generasi milenial atau sebaliknya yang akan disorong menjadi Ketua DPRD Muna, pria yang akrab disapa Eby ini mengatakan cenderung setuju jika figur aleg muda yang akan disorong untuk menjadi Ketua DPRD Muna.

“Saat ini zaman generasi milenial, semuanya serba digitalisasi. Jadi, saya cenderung setuju kalau aleg melenial yang duduk menjadi Ketua DPRD Muna,” kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Muna pada koran ini, Sabtu (20/4).

Katanya, kalau menurut syarat partai, dari 5 aleg PDIP yang terpilih pada periode 2024-2029 di Kabupaten Muna, tidak ada yang memenuhi syarat partai yaitu KTA harus 5 tahun.

“5 aleg kita yang terpilih inikan aleg baru semua dan 4 aleg masih muda. Ke-5-nya ini belum ada yang KTA-nya 5 tahun. Ini salah satu syarat menurut partai kalau mau diusulkan untuk menjadi Ketua DPRD,” paparnya.

“Kemudian ada juga syarat leadershipnya ( kepemimpinan). Tapi yang jelas, nanti mereka akan ikut fit dan proper test partai dululah siapa yang tepat untuk menduduki kursi Ketua DPRD Muna,” tambah anggota DPRD Provinsi Sultra yang terpilih kembali pada pileg tanggal 14 Febuari 2024, dapil Muna, Mubar dan Butur ini.

Namun demikian, katanya, PDIP akan memutuskan siapa dari 5 aleg PDIP Kabupaten Muna yang akan disorong menjadi Ketua DPRD Muna, akan dibahas setelah ada pleno penetapan aleg terpilih oleh KPU Kabupaten Muna.

“Setelah ada pleno penetapan aleg terpilih oleh KPU Muna, baru kita bahas siapa aleg yang kita kirim ke DPP PDIP, untuk diusung menjadi Ketua DPRD Muna. Bisa 2 nama, 3 nama atau kelimanya kita usulkan ke DPP PDIP nanti. Yang jelas mereka harus mengikuti semua syarat yang ditentukan termasuk mengisi surat sebagai pimpinan dewan,” pungkas Freby Rifai SH. (tri/nir)

  • Bagikan