Rektor UHO Apresiasi Mahasiswa yang Berhasil Loloskan 35 Proposal PKM Tahun Ini

  • Bagikan

Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK- Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu SSi MSi MSc mengapresiasi torehan prestasi yang diraih anak didiknya ditingkat nasional.

Terbaru, berhasil meloloskan 35 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun ini dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selanjutnya, mencatatkan kampus hijau itu sebagai 20 Perguruan Tinggi (PT) yang paling banyak meloloskan dana hibah. Baik pada bidang Riset Eksakta (PKMRE), Kausa Cipta (PKMKC), dan Kewirausahaan (PKMK).

Prof Zamrun mengatakan hampir setiap tahun UHO selalu berusaha agar bisa meloloskan berbagai proposal hibah tingkat nasional tersebut.

Apalagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu mempunyai tim khusus untuk memantau bagaimana proses pembuatan sampai submit proposal.

“Kita pantau semuanya, jadi kita latih mereka (mahasiswa). Sehingga paling tidak proposal yang mereka ajukan bisa diterima, dan Alhamdulilah tahun ini kita masuk 20 PT yang paling banyak lolos hibah PKM,” ujarnya baru- baru ini.

Ia menuturkan, mudah- mudah dengan torehan prestasi ini. Sambungnya, langkah selanjutnya bagaimana proposal PKM itu bisa lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

PIMNAS sendiri merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik.

Lanjutnya, oleh PT dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa. Prestasi mahasiswa secara nasional ini bisa menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) PT dan berimbas kepada rencana UHO mencapai akreditasi Unggul.

“Sekarang kita masih susun semuanya, dan mudah- mudahan dengan banyaknya prestasi ini bisa menunjang kinerja Perguruan Tinggi (PT) dan kita bisa mendapatkan akreditasi yang Unggul,” pungkasnya. (din/r2)

  • Bagikan