Kapus Katobu Optimis Bisa Raih Predikat Akredetasi Paripurna Tahun 2024

  • Bagikan

Kapus Katobu Siti Zalia Ihu didampingi Sekab Muna Eddy Uga SH MSi, Asisten I Asmadi Teno Spd MPd bersama Tim Survei Reakreditasi dari KAKP yang diketuai Husen SKM MKes dan dr. Ramli CODE MMKes.

RAHA, BKK – Siapkan pelayanan dan fasilitas terbaik, Kepala Puskesmas (Kapus) Katobu Siti Zalia Ihu optimis bisa meraih predikat akreditasi paripurna di 2024 ini.

Diketahui, setiap 5 tahun sekali Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, melakukan penilaian atau akreditasi terhadap pelayanan puskesmas di Indonesia. Khusus di Kabupaten Muna, penilaian tersebut dilakukan oleh tim surveyor KAKP (Komite Akriditasi Kesehatan Pratama).

Kapus Katobu Kabupaten Muna Siti Zalia Ihu saat dikonfirmasi koran ini Kamis (25/4), terkait persiapan Puskemas Katobu kedatangan tim surveyor yang dipimpin Husen SKM MKes serta dr.Ramli CODE.MMKes mengatakan bahwa Puskesmas Katobu sudah melakukan perbaikan di semua sektor pelayanan, termasuk sarana dan prasarana di Puskesmas Katobu.

“Untuk meraih predikat paripurna atau tertinggi dalam akreditasi sebuah puskesmas itu, banyak kreterianya. Tapi, intinya adalah memberikan mutu pelayanan terbaik kepada pasien dengan fasilitas yang baik pula,” ujarnya.

“Kita harus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pasien. Alhamdulilah, kami di Puskemas Katobu ini, sudah melengkapi semua elemen yang dipersyaratkan itu. Mulai dari tata graha gedung, sistem pelayanan, fasilitas, semua kami benahi dan lengkapi. Kita berharap, pada akreditasi tahun 2024 ini, Puskemas Katobu bisa meraih predikat paripurna. Tapi tentu semua itu tergantung kepada tim surveyor KAKP,” tambah Kapus Katobu ini optimis.

Sementara, Ketua Tim Surveyor KAKP Husen SKM MKes mengatakan, bahwa tampilan Puskesmas Katobu Kabupaten Muna sangat luar biasa.

“Mudah-mudahan Puskesmas Katobu ini bisa meraih akreditasi paripurna ya. Kami lihat, tampilannya memang luar biasa. Kami juga berterima kasih disambut dengan sangat luar biasa,” kata Husen SKM MKes dalam sambutannya di hadapan Sekab Muna Eddy Uga SH MSi, Asisten I Asmadi Teno SPd MPd, Kapolsek Katobu, camat, dan Kapus Katobu.

Pujian terhadap tampilan Puskesmas Katobu juga datang dari Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna Eddy Uga SH MSi.

“Tampilan Puskesmas Katobu ini memang luar biasa ya. Banyak yang bilang Puskemas ini sama seperti Puskesmas Menteng, di tengah kota. Puskesmas Katobu ini adalah puskesmas tertua di Kabupaten Muna. Jadi, wajar kalau dapat penghargaan akreditasi paripurna,” kata Sekab Muna.

Namun Sekab Muna ini juga berharap agar pelayanan harus diutamakan.

“Jangan cuma saat ini pelayanannya baik, ke depan harus tetap terbaik. Jangan sampai nanti kita datang dalam keadaan sakit, senyum pelayanannya sudah hilang. Orang sakit itu begitu masuk rumah sakit atau puskesmas lihat kalau disambut pelayanan penuh senyum 70% sudah sembuh, begitu pula sebaliknya,” bebernya.

Pantauan koran, ini kegiatan akreditasi di Puskesmas Katobu berlangsung meriah. Tim surveyor disambut dengan tarian penyambut tamu. Keadaan Puskesmas Katobu juga sangat bersih, fasilitas sangat lengkap, rapi dan indah.(tri/nir)

  • Bagikan