Pemilih Pemula di Sultra Capai 74 Ribu

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan pemilih pemula di Sultra khususnya pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat yang akan melakukan perekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) mencapai 74 ribu.


Kepala Disdukcapil Sultra Muhammad Fadlansyah mengatakan, salah fokus Dukcapil tahun ini yakni menuntaskan perekaman pemilih pemula di Sultra.


“Yakni siswa-siswi SMA/SMK se Sultra karena itu progresnya setiap dua minggu kita laporkan terus ke pemerintah pusat,” kata Fadlansyah, Jumat (3/3).


Dikatakan, saat ini pemilih pemula yang telah melakukan perekaman di sekolah sudah di atas 10 ribu.
“Dan jumlah pemilih pemula kurang lebih 74 ribu yang mesti dilakukan perekaman agar nantinya tidak kehilangan hak pilih,” jelasnya.


Fadlansyah menyampaikan, untuk memastikan perekaman disekolah setiap harinya aman, tim dari Dukcapil secara langsung turun dan dibuatkan jadwal. Bahkan sambung dia, perhari tidak bisa langsung tuntas satu sekolah. Sebab setiap sekolah banyak yang harus direkam dan, bisa berhari-hari.


“Jadi target kita, ini tuntas sampai hari pemungutan suara. Karena mereka sebenarnya sudah masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4 ) atau kalau KPU DPT (Daftar Pemilih Tetap) tetapi kita ingin menjamin jangan sampai karena tidak ada KTP-nya itu tidak bisa memilih. Nah itu yang kita mau pastikan,” ungkapnya.


Fadlansyah berharap, perekaman bisa segera tuntas sesuai target pemilih pemula yang ada di Sultra, meski dengan keterbatasan SDM.


“Kita optimis perekaman Dukcapil di seluruh sekolah yang ada di Sultra bisa tuntas sesuai target yang ada,” tandasnya. (r4)

  • Bagikan