Pemilu di Muna Diharapkan Berlangsung Aman

  • Bagikan
Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Dikuti Semua Parpol Peserta Pemilu Di Muna, Forkompinda Muna dan semua stakeholder yang digelar di Polres Muna, Selasa (17/10).

RAHA, BKK – Pemilu serentak di Indonesia sebentar lagi akan digelar. Tentu seluruh elemen bangsa baik penyelenggaran, parpol peserta pemilu, dan semua stakeholder, ingin pemilu tanggal 14 Febuari 2024 nanti berjalan aman, damai, demokratis dan kondusif.

Untuk mewujudkan pemilu berjalan damai, aman, kondusif, sukses dan demokratis khususnya di Kabupaten Muna, Selasa (17/10), Polres Muna memfasilitasi kegiatan deklarasi pemilu damai tahun 2024 di Muna.

Kegiatan ini dihadiri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna, Forkopimda, penyelenggara pemilu, parpol peserta pemilu di Muna, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan semua stakeholder di Kabupaten Muna.

“Tentu kita semua ingin pemilu tahun 2024 khususnya di Kabupaten Muna dapat berjalan aman, damai, demokratis, sukses dan kondusif. Untuk itu kita butuh kerja semua stakeholder baik Forkopimda Muna, penyelenggara, teman-teman parpol peserta pemilu, untuk mewujudkan pemilu berlangsung seperti yang kita inginkan,” kata Kapolres Muna AKPB Mulkaifin SIK dalam sambutannya di hadapan semua peserta kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang berlangsung di Polres Muna.

Katanya, wilayah kerja Polres Muna 3 rayon. Yaitu, sebut dia, Raha-Tampo, Muna timur dan zona Muna bagian selatan.

“Tentu dalam hal pengaman pemilu kita harus bergerak cepat dan efisien, jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Apalagi wilayah kerja Polres Muna cukup luas, jadi pergerakan personel dan peralatan harus maksimal kita lakukan,” tambah perwira dengan 2 melati di pundak ini.

Dia juga mengingkatkan masalah pilkada di Muna yang masuk katagori rawan.

“Masih ada 222 hari pilkada, tentu akan ada dinamika muncul. Kita punya pengalaman pilkada di Muna masuk katagori rawan. Untuk itu kita harus minimalisir potensi kerawanan, agar masyarakat Muna dapat memberikan hak suaranya dengan aman, damai, demokratis dan sukses,” pungkas orang nomor 1 di jajaran Polres Muna ini.

Sementara itu Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim mengatakan, bahaw harapan Bawaslu Muna agar semua peserta pemilu mentaati aturan dalam pemilu.

“Saat ini sudah masuk tahapan krusial bagi kami di Bawaslu Muna. Karena para peserta akan menyampaikan visi misi politik parpol. Hindari money politik, berita hoaks dan ujaran kebencian dalam pemilu. Bawaslu Muna fokus melakukan pengawasan kepada aparat Pemkab Muna seperti kades, camat, lurah dam semua stakeholder di Kabupaten Muna, agar tidak ada cawe-cawe politik,” tukas Ketua Bawaslu Muna ini.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Muna Askar Adi Jaya mengatakan, masih ada 199 hari lagi pemilu akan digelar di Indonesia. Dia juga menyampaikan jika KPU Muna sudah melewati proses tahapan pemilu.

“Saat ini masuk tahapan pencalonan caleg terkait pencermatan DCT. Nanti tanggal 3 November 2023, DCT pemilu 2024 akan diumumkan. Harapan kami, penyelenggaran pemilu 2024 itu bukan hanya tanggungjawang penyelenggara saja, tapi tangungjawab kita semua agar pemilu berlangsung damai, tertib, dan berintegritas,” pungkas Ketua KPU Muna ini di hadapan semua peserta deklarasi damai.

Kegiatan deklarasi damai ini difasilitasi Polres Muna dengan kegiatan pembacaan deklarasi damai oleh Ketua KPU Muna dan diikuti semua stakeholder. Penandatatanganan deklarasi damai oleh Forkopimda Muna, semua parpol peserta pemilu di Muna, penyelenggara pemilu, tokoh masayrakat, dan tokoh pemuda. (tri/nir)

  • Bagikan