Gedung DPD LVRI dan PPM Sultra Diresmikan

  • Bagikan
Ketum DPP LVRI yang diwakili oleh Waketum I, Letjend TNI (Purn) Muzani Syukur saat meresmikan gedung gedung DPD LVRI dan PPM Sultra. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Para Veteran RI yang tergabung dalam Organisasi DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya bisa bernafas lega dengan hadirnya kantor baru yang lebih representative yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Kantor baru DPD LVRI ini juga menjadi Markas Daerah Pemuda Panca Marga (PPM) Sultra dan Resimen Yudha Putra Sultra sebagai kantor operasional sehari-hari.

Peresmian Kantor ini dirangkaikan dengan peringatan HUT PPM ke-43 yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2024 serta diperingati secara nasional dan berlokasi di Kota Kendari.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra yang diwakili oleh Staff Ahli, La Ode Fasikin, Danrem 143/HO Brigjen TNI Ayub Akbar, Danlanud Kendari Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, SE MM, Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) A.K. Mulku Zahari, SE MTr Opsla, Kapolda Sultra yang diwakili serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Adapun peresmian kantor baru ini dilakukan oleh Ketum DPP LVRI yang diwakili oleh Waketum I, Letjend TNI (Purn) Muzani Syukur.

Dalam sambutannya, Danrem 143 HO Kendari, Brigjend TNI Ayub Akbar menyampaikan, suatu kebanggaan tersendiri karena PPM dengan kemandiriannya mampu dan bisa membangun kantornya.

“Nanti akan bermanfaat sebagai wadah untuk sosialisasi dalam hal berkumpul bagi para anggotanya PPM, sehingga bisa dijadikan contoh untuk organisasi-organisasi yang ada di Sulawesi Tenggara,” terang Danrem, yang juga Pembina PPM Sultra.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Laode Fasikin, menyampaikan atas nama Pemprov Sultra mengucapkan selamat HUT ke-43 PPM.

“Semoga diusianya yang 43 tahun ini semakin dewasa dan konsisten terhadap sumpah prasetya pemuda panca marga, serta komitmen terhadap motto PPM, yaitu Tan Hana Dharma Mangwa yang berarti tiada pengabdian yang mendua kepada LVRI sebagai orangtua dan NKRI yang bermuara pada Ketuhanan Yang Maha Esa,” katanya saat membacakan sambutan gubernur.

Dikatakan, bila mencermati sejarah panjang pendirian PPM, maka cita-cita pendirian PPM adalah sebagai wadah berhimpunnya bagi putra-putri Veteran Indonesia.

“Kita berharap PPM dapat menjaga, melestarikan dan mewariskan jiwa semangat 45, serta berperan aktif dalam pembangunan nasional,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PPM, Berto Izaak Doko mengapresiasi kerja keras PD PPM Sultra yang telah berkolaborasi dengan baik dengan pemerintah daerah untuk menghadirkan kantor baru yang dirasa jauh lebih layak dan representative.

“Kegiatan peresmian ini sekaligus dirangkaikan dengan peringatan hari ulang tahun PPM yang ke-43 yang juga dirayakan secara bersama-sama serta dipusatkan di Kota Kendari,” ungkapnya.

Sambutan terakhir sekaligus meresmikan kantor baru dilakukan oleh Letjend TNI (Purn) Muzani Syukur yang mewakili Ketum DPP LVRI yang juga mengapresiasi Pemprov Sultra terkait bantuan yang sudah dirasakan oleh para veteran di Sultra.

“Jadi kedudukan Veteran yang diberi kehormatan oleh negara termasuk dalam suatu undang-undang khusus Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran,” singkatnya.

Peresmian tersebut juga dilanjutkan dengan kegiatan Diklatsarmil Resimen Yudha Putra Angkatan ke III Tahun 2024 di Lapangan Yonif 725 Woroagi serta Sosialisasi JSN`45 yang dilakukan oleh DPP LVRI kepada generasi muda sehingga akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan serta menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa. (r4/r2)

  • Bagikan