KASN Puji Kinjerja Pj Gubernur soal Penerapan Sistem Merit ASN di Sultra

  • Bagikan

Delapan dari kiri, Sekda Sultra, Drs H Asrun Lio MHum PhD saat sesi foto bersama Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof Agus Pramusinto (kesepuluh dari kiri).

KENDARI, BKK – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof Agus Pramusinto secara terang-terangan memberikan pujian kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto SIK MH, karena mampu mendongkrak kategori penilaian terhadap penerapan Sistem Merit di Provinsi Sultra.


Sebelumnya dikategorikan kurang, namun dalam waktu kurang lebih 6 bulan meraih kategori baik.


Hal tersebut terungkap dalam audiensi dan asistensi penerapan Sistem Merit di lingkungan instansi pemerintah oleh KASN, yang diikuti sejumlah pejabat baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, Jumat (16/2), bertempat di Aula Rujab Gubernur Sulsel, dengan target Wilayah Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulteng, Maluku dan Papua.


Ketua KASN Prof Agus Pramusinto mengatakan, dirinya memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemprov Sultra. Sebab saat ini Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) adalah Komjen Pol Andap Budhi Revianto SIK MH, mampu membuktikan konsistensinya terhadap penerapan sistem Merit.


Dimana, kata dia, pada asistensi kali ini, Pemprov Sultra bisa menaikan nilai sistem Merit dalam manajemen ASN, dari kategori “kurang” menjadi kategori “baik” dengan skor 250.


“Penilaian sistem Merit ini dibagi ke dalam 4 kategori. Yaitu, sebut dia, kategori I dengan skor 100-174 dinilai “buruk”. Kategori II dengan skor 175-249 dinilai “kurang”, Kategori III dengan skor 250-324 dinilai “baik”, dan Kategori IV skor 325-400 dinilai “sangat baik”. Jadi untuk Pemprov Sultra, satu langkah lagi mencapai nilai “sangat baik”. Semoga target PPK menjadi sangat baik, dapat tercapai,” paparnya.


Menurut Prof Agus Pramusinto, upaya Pj Gubernur Sultra untuk terus berkinerja memperbaiki sistem Merit pada lingkup Pemprov Sultra tidaklah terlalu sulit, mengingat Komjen Andap juga merupakan Sekjen Kemenkumham RI, dimana telah menjadikan sistem Merit pada Kemenkumhan RI berada pada kategori “sangat baik”.


Dalam kesempatan itu, dia juga berpesan kepada semua pejabat yang hadir, untuk terus memaksimalkan segala upaya, sebab masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam manajemen ASN, agar bisa mencapai “baik” dan “sangat baik”.


Sebelum pemberian nilai tersebut oleh KASN, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Asrun Lio mewakili Pj Gubernur memberikan pemaparan terkait permasalahan dihadapi hingga strategi yang dilakukan oleh Pj Gubernur Sultra, Komjen Andab Budhi Revianto.


Dikatakan, sejak awal kepemimpinannya di Bumi Anoa, terus berupaya melakukan perbaikan pada sistem Merit di Pemprov Sultra, melalui 8 aspek yang menjadi penilaian, sehingga mampu mengubah kategori “kurang” menjadi “baik” dan target Pj Gubernur selanjutnya adalah menjadi “sangat baik”. (r4/nir)

  • Bagikan