Sembako Jelang Ramadan

  • Bagikan

Bupati Butur Muh Ridwan Zakariah meninjau stok sembako dan kestabilan harga di Pasar Minaminanga.

BURANGA, BKK – Menjelang bulan suci Ramadan, Bupati Buton Utara (Butur) Muhammad Ridwan Zakariah turun langsung meninjau kondisi pasar, akhir pekan kemarin.
Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) dalam menghadapi bulan suci bagi umat islam.
Pasar yang dituju orang nomor 1 di daerah paling utara pulau Buton itu ialah Pasar Sentral Minaminanga Kulisusu.
Dalam kesempatan ini, Ridwan juga sekaligus memantau kondisi fisik pasar yang sejumlah bangunannya belum lama kelar direhab.
Di pasar Minaminanga, harga sembako secara umum masih terpantau stabil, bila dilihat dari harga sebelumnya, termasuk pasokan stok komoditas juga masih terlihat cukup tersedia.
Sekalipun situasi pasar stabil, harapannya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Butur diminta untuk terus memantau ketersediaan stok dan harga sembako.
Pelaksana tugas (Plt) Kadis Perindag Butur Sahrun Akri menjelaskan, komoditas pangan khususnya beras, telur ayam, bawang dan lainnya, saat ini masi dominan berasal dari luar Butur.
“Seperti beras, stok beras lokal kita di penggilingan petani mengalami kekurangan. Hal ini disebabkan karena belum memasuki musim panen, dan kita ketahui sendiri petani beras di Butur, mayoritas masih ketergantungan dengan air hujan,” ungkap Sahrun Akri.
Menurutnya, situasi seperti ini bisa memicu adanya permainan harga dari para spekulan. Karena, lanjutnya, bahan pangan tersebut tiba di Butur telah melalui beberapa tangan pedagang.
“Tentunya kalau tidak dikontrol, akan berpengaruh terhadap harga di tingkat konsumen,” tandasnya.
Dalam kunjungan lapangan itu, turut hadir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, sekaligus Plt Kadis Perindag Sahrun Akri, serta Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintah dan Politik Dra. Muliana, bersama Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, yang juga selaku Plt Kasatpol-PP Hasanun. (dar/nir)

  • Bagikan