Dukung Program Daerah Digital, Diskominfo Konkep Sediakan Akses Internet Gratis

  • Bagikan

Kadis Kominfo Konkep, Jamhur Umirlan SPD MM. (FOTO: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Konkep, terus berupaya mendorong pengembangan Konkep sebagai daerah digital.


Demi mewujudkan program tersebut, kini Diskominfo Konkep melalui bantuan Badan Aksesibilitas Telkomunikasi dan Informasi (Bakti), dari Kementrian Kominfo Republik Indonesia telah menyediakan sebanyak 45 titik wifi gratis di Pulau Wawonii.


Kepala Dinas Kominfo Konkep Jamhur Umirlan SPd MM mengatakan, melalui bantuan wifi gratis tersebut kini sebanyak 22 site telah diaktifkan dan tersisa 23 site sementara di genjot pengaktifanya.


“Akses internet wifi gratis ini merupakan bantuan dari Kementrian Kominfo RI melalui Bakti sejak tahun 2023 diusulkan, ada sebanyak 45 site yang terakomodir dibeberapa titik sekolah-sekolah, Kantor desa, wisata dan pojok baca. Alhamdulillah Sebanyak 22 site yang sudah diaktifkan, sisahnya kami targetkan secepatnya, insyallah dalam dekat ini,” ujarnya.


Lebih lanjut, mantan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Konkep tersebut berharap dengan akses Internet wifi gratis tersebut agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Bagi siswa untuk memudahkan akses informasi pembelajaran di sekolahnya dan bagi pengunjung wisata kampa agar mudah mengakses internet.


“Kami berharap dengan adanya internet gratis di sekolah-sekolah agar murid-murid lebih intens dalam belajar serta tidak tertinggal informasi seputaran pendidikan dan penggunaan internet ini diharapkan bagi anak-anak kita dipergunakan ke hal-hal yang positif untuk memajukan dunia pendidikan khsusnya di Konkep,” ujarnya.


Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membantu dalam hal pemeliharaan. Sesuai petunjuk teknis dari BAKTI agar wifi tersebut on terus, kecuali listrik yang padam baru off wifi-nya dan kecuali ada kendala teknis tanpa disengaja.


“Masyarakat sekitar jangan sengaja dimatikan wifi-nya dengan sengaja, nanti akan berakibat pada wifi akan mati secara permanen atau ditarik dari pusat. Karena pemanfaatan wifi gratis ini diperuntukan untuk masyarakat secara luas,” pungkasnya.


Beberapa titik-titik internet wifi gratis yang telah diaktifkan yakni, Villa Dinas Parwisata Pemkab Konkep, SD Negeri 2 Wawonii Barat, SD Negeri 8 Wawonii Barat, SD Negeri 6 Wawonii Barat, SD Negeri 7 Wawonii Barat, SD Negeri 3 Wawonii Barat, SD Negeri 1 Wawonii Barat, SD Negeri 4 Wawonii Barat.


Serta beberapa titik di luar Kecamatan Wawonii Barat atau Kota Langara yakni SD Negeri 5 Wawonii Selatan, SD Negeri 3 Wawonii Selatan, SD Negeri 2 Wawonii Selatan, SD Negeri 1 Wawonii Selatan, SD Negeri 4 Wawonii Selatan, SD Negeri 5 Wawonii Tengah, SD Negeri 2 Wawonii Tengah, SD Negeri 3 Wawonii Tengah, Balai Desa dan Kantor Desa Dompo-Dompo Jaya, SD Negeri 3 Wawonii Tenggara, SD Negeri 6 Wawonii Tenggara, Pojok Baca Cendekia Desa Sinaulu Jaya dan SD Negeri 1 Lansilowo. (ain/nir)

  • Bagikan