Bunda Literasi Kota Kendari Imbau Warga Tanam Sayuran Tanpa Pestisida

  • Bagikan

Bunda literasi Kota Kendari Ira Wilis saat Panen pakcoy di Kelurahan Padaleu (FOTO:SRI/BKK)

KENDARI, BKK- Bunda Literasi Kota Kendari menggelar literasi pertanian (teras tani) berupa pelatihan budidaya dan pengelolahan tanaman pakcoy yang di selenggarakan di Kelurahan Padaleu, Kamis (22/2).

Selain memberikan pelatihan, Bunda Literasi di dampingi TP PKK Kelurahan Padaleu juga melakukan panen sayur-sayuran seperti pakcoy, bayam putih, timun dan kacang panjang, namun sebelum melakukan panen sayur Bunda Literasi mencoba minuman hasil olahan sayur pakcoy.

Bunda Literasi Kota Kendari Ira Willis Kesumadoty Yusup mengatakan, melalui kegiatan tersebut pihaknya juga turut memberikan tips terkait cara panen pakcoy yang benar, dengan cara memetik pangkal daunnya menggunakan gunting atau dicabut langsung dengan akarnya dari pipa hidroponik.

“Jadi kita juga memberikan tips agar panen dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian pangkal dan daun. Kerusakan hasil panen menurunkan nilai ekonomis sayuran dan membuat komoditas sayuran mudah membusuk,” terang Ira Wilis.

Ia menambahkan pihaknya berharapan untuk masyarakat Kota Kendari senantiasa memanfaatkan lahan kosong untuk menanamkan sayuran.

Dimana, nantinya juga bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari tanpa memakai pestisida, tapi menggunakan pupuk organik.

“Semoga masyarakat Kota Kendari banyak yang memanfaatkan lahan-lahan kosongnya untuk ditanami sayur seperti ini, yang nantinya juga bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari tanpa memakai pestisida, tapi menggunakan pupuk organik sehingga aman bagi kesehatan untuk dikonsumsi keluarga kita sendiri,” imbuhnya. (m2/r2)

  • Bagikan