Bulog Sultra Pastikan Stok Beras Aman hingga Ramadan

  • Bagikan
Siti Mardati Saing. (FOTO: WATY/BKK).

Kepala Kanwil Bulog Sultra, Siti Mardati Saing.

KENDARI, BKK – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan, jika stok beras aman hingga Ramadan 2024.

Kepala Kanwil Bulog Sultra Siti Mardati Saing mengatakan, stok pangan yang dikuasai Bulog aman sampai April tahun ini. Pihaknya berencana menambah stok beras dengan menyerap hasil panen petani se-Sultra.

“Dari jumlah stok beras saat ini masih 14.500 ton. Sebenarnya dengan jumlah itu sudah mencukupi hingga Ramadan nanti. Namun kami akan mencoba menambah stok yang ada dengan menyerap hasil panen petani. Targetnya mencapai 25.000 ton,” ungkapnya, Senin (26/2).

Dijelaskan, Bulog Sultra telah mengamankan pasokan bahan pangan lainnya, mulai dari gula pasir sebanyak 225 ton yang tersebar di 11 gudang Bulog. Bahkan dalam waktu dekat akan dilakukan pemesanan tambahan 250 ton, untuk menghadapi bulan Maret dan April.

“Kemudian stok minyak goreng yang dimiliki Bulog Sultra saat ini sebanyak 20.000 liter. Namun, untuk persiapan bulan puasa, Bulog berencana melakukan pesanan tambahan sekitar 35.000 liter,” ucapnya.

Dia menuturkan, bahwa jumlah stok pangan yang dimiliki saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar, serta outlet-outlet yang bekerja sama dengan Bulog. Ini juga termasuk untuk memenuhi kebutuhan kegiatan pasar murah, dalam upaya menjaga kestabilan harga bila diperlukan.

“Bulog biasanya menyiapkan cadangan beras sebanyak 7% sampai 8% dari kebutuhan masyarakat, dan kami pastikan kebutuhan beras hingga Ramadan cukup,” pungkasnya. (r5/nir)

  • Bagikan