Pemkot Diminta Bersihkan Sampah di Teluk Kendari

  • Bagikan
Ilustrasi

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari diminta untuk membersihkan sampah plastik yang ada di Teluk Kendari.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sultra, H Ali Mazi, Senin (5/12). Kata dia, Teluk Kendari saat ini terlihat seperti tempat pembuangan sampah (TPS).

Sementara, sambung dia, Presiden Jokowi telah menginstruksikan melalui program Gerakkan Nasional Cinta Laut untuk merawat laut.

“Jadi tolong perhatikan sampah plastik yang ada di teluk kendari. Ini sudah seperti tempat pembuangan sampah, kasihan laut kita yang seharusnya bersih tapi ini sangat kotor,” kata Ali Mazi.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Anoa ini meminta agar Pejabat (Pj) Wali Kota Kendari bisa mensosialisasikan kepada para nelayan yang ada di sekitar Teluk Kendari untuk bisa memungut sampah plastik dengan memberikan imbalan.

“Jadi kita beli oleh pemerintah. Beli sampahnya, karena sampah plastik kalau bisa kita daur ulang akan menjadi sesuatu yang berharga,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk lebih mengenal tentang bagaimana pengelolaan dan manfaat pemungutan sampah maka lakukan studi banding di Bali.

“Jadi nanti saya akan susuli dengan surat, tapi sementara ini saya heran kenapa di Teluk Kendari itu tidak ada perhatian sama sekali,” kesalnya. (cr3/nan)

  • Bagikan

Exit mobile version