Pemprov Kembali Anggarkan Pembangunan Patung Oputa Yi Koo

  • Bagikan
Pahri Yamsul. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelontorkan anggaran untuk pembangunan Patung Oputa Yi Koo sebesar Rp37 miliar.


Itu dilakukan untuk menuntaskan pembangunan patung yang berlokasi di Kotamara, Kota Baubau.


Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Pahri Yamsul mengatakan, tahun ini pihaknya kembali menganggarkan pembangunan patung Oputa Yi Koo yang ada di Kota Baubau sebesar Rp37 miliar.


“Untuk tahun lalu, anggaran dikucurkan Rp17 miliar dan tahun ini kurang lebih Rp37 miliar. Jadi anggaran kita sudah ada kalau tidak salah antara Rp35 atau Rp37 miliar di tahun ini,” kata Pahri, Rabu (11/1).


Dikatakan, meski anggaran yang masih kurang. Namun pihaknya akan tetap mengupayakan uang yang ada bisa memaksimalkan semua pengerjaan di lapangan.


Sebab, kata dia, bila dikalkulasi kebutuhan anggaran untuk pembangunan patung ini cukup besar. Namun untuk memaksimalkan pekerjaan dengan anggaran yang ada, pihaknya kembali melakukan review desain agar anggaranya bisa cukup dan tak perlu ada tambahan anggaran lagi.


“Jadi kita usahakan dengan uang yang ada pekerjaan bisa tuntas, makanya saya review desain tanpa mengubah bentuk. Hal ini kita upayakan agar pembangunan bisa lebih efisien,” jelasnya.


Dia bilang, saat ini dalam pembangunan salah satu ikon Kota Baubau itu, pekerjaannya di tahun kemarin baru tuntas untuk bagian pondasi dasar untuk bagian utamanya, sementara untuk bagian pendukungnya belum tuntas.


“Tahun ini, pekerjaannya akan kita fokuskan pada pemasangan pondasi di atas air laut, pemasangan plat, sekalian dengan patung atau dudukan patungnya. Jadi ini ini yang akan kita tuntaskan tahun ini,” ungkapnya. (r4/nan)

  • Bagikan

Exit mobile version