Dorong Peningkatan Kualitas Akademik Berbasis IKU, Unsultra Gelar Raker 2023

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) menggelar Rapat Kerja (Raker) 2023 bersama para pejabat serta Ketua Program Studi (Prodi) lingkup kampus merah maron tersebut, di Gedung WTC, Senin (6/3).

Raker tersebut guna mendorong peningkatan kualitas dan layanan dibidang Akademik berbasis Indeks Kinerja Utama (IKU) sebagai langkah menjadi Perguruan Tinggi (PT) yang unggul dan inovatif.

Saat ditemui awak media, Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa Raker tahun ini memprioritaskan peningkatan akademik. Utamanya sambung dia, pada layanan yang ujungnya untuk meningkatkan IKU PT dalam menuju perbaikan akreditasi.

Berbeda dengan tahun sebelumnya (2022) sambung dia, Raker 2023 ini melibatkan Prodi sehingga para Prodi dapat mengetahui berbagai program dan target yang akan dicapai. Hal tersebut menjadi dasar dalam capaian setiap fakultas yang dipimpin Prof Andi Bahrun tersebut.

“2023 ini menjadi proses pembenahan di semua aspek di Unsultra termasuk Sarana Prasarana (Sapras) dan pengembangan digitalisasi. Alhamdulillah 2 tahun berturut- turut Unsultra terus dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi (PT) dengan sistem penyelenggara Daring terbaik, olehnya itu kita akan terus tingkatkan lagi,” ujarnya.

Ia menuturkan, 2023 ini juga pihaknya mendorong peningkatan internasionalisasi. Mulai dari publikasi internasional, pertukaran pelajar internasional. Kemudian beber dia, pengabdian masyarakat dan prestasi mahasiswa juga akan terus didorong supaya lebih meningkat lagi, baik tingkat regional, nasional bahkan global.

Lebih jauh, dalam Raker ini Unsultra juga melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sultra.

Dengan jalinan kerjasama tersebut, maka hasil riset Unsultra bisa di kolaborasikan dalam meningkatkan kualitas layanan dan perbaikan kurikulum. Selain itu, Unsultra juga bakal melakukan peningkatan jumlah penelitian, kualitas pengabdian masyarakat, peningkatan publikasi nasional dan internasional serta peningkatan jumlah level jabatan fungsional.

“Saya mengajak kepada seluruh dosen dan mahasiswa bersinergi dan menyatukan segala potensi yang dimiliki, sehingga penelitian pengabdian dan kualitas kita semakin berkembang dan keluarannya dapat dirasakan oleh para masyarakat,” pungkasnya.

Ia berharap, kepada para Ketua Prodi lingkup Unsultra bahwa capaian yang diraih 2022 bisa menjadi modal untuk lebih optimis lagi dalam meningkatkan capaian yang ada di 2023. (din/nan)

  • Bagikan

Exit mobile version