Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Daerah, Pemkab Konkep Bersama Bank Sultra Segera Luncurkan KKPD

  • Bagikan

Suasana penandatanganan MoU peluncuran KKPD Lingkup Pemkab Konkep di Aula Bank Sultra, Kamis (22/2). (FOTO: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), bersama Bank Sulawesi Tenggara terkait penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD).


Bupati Konkep H. Amrullah, melalui Kepala BKD Konkep Mahmud SP MPW mengatakan bahwa Penandatanganan MoU tersebut sebagai salah satu upaya Pemkab Konkep dalam mendorong pengelolaan keuangan daerahbyang baik dan akuntabel.


“Penandatanganan MoU ini sebagai upaya mendorong pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel berbasis non tunai dengan pemanfaatan Kartu Kredit kepada seluruh OPD di lingkup Kabupaten Konawe Kepualauan,” jelasnya.


Mantan Kabag Umum Sekreatriat Daerah (Setda) Konkep tersebut juga mengatakan bahwa dengan KKPD diharap bisa mempermudah setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan transaksi belanja barang dan jasa untuk perjalanan dinas di luar daerah.


“Dengan pemanfaatan Kartu Kredit ini, Pemerintah Daerah bisa memanfaatkan secara optimal pengunaan kartu kredit untuk belanja barang dan jasa ketika akan melaksanakan perjalanan dinas dengan pemesanan tiket, hotel dan belanja barang dan jasa lainnya seperti belanja makan minum, ATK, pada merchant untuk meminimalisir penggunaan uang tunai,” ujarnya.


Diketahui, penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Aula Bank Sultra yang dihadiru oleh Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT didampingi Sekda Konkep Ir H Cecep Trisnayadi MM Asisten I Setda Konkep Dra Hj Nurul Hidayati dan Kepala BKD Konkep Mahmud SP MPW.


Sedangkan dari pihak Bank Sultra dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank Sultra Abd Latif SPi bersama Direktur Pemasaran Bank Sultra Hayati Hasan dan Kepala Cabang Bank Sultra Konkep Ismail Fahmi SE. (ain/nir)

  • Bagikan