KKN Reguler dan MD MBKM UHO sebagai Wadah Bangun Hubungan Erat dengan Masyarakat

  • Bagikan

Dr La Ode Santiaji Bande. (FOTO:IST)

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) telah sukses menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler yang diikuti 676 mahasiswa di 46 desa atau kelurahan di Kabupaten Wakatobi selama 30 hari mulai 29 Februari- 31 Maret 2024.

Selain itu, dijadwalkan KKN MD Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diikuti 981 mahasiswa menempati 59 desa/kelurahan yang tersebar di 8 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam program ini, setiap desa atau kelurahan didampingi oleh dua DPL, pada Februari- Juli 2024 mendatang.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan (LPPMP) UHO, Dr La Ode Santiaji Bande menegaskan pelaksanaan KKN Reguler dan MD-MBKM merupakan bagian dari kegiatan rutin yang terintegrasi dalam Kalender Akademik UHO.

Disebutkan, kedua jenis KKN ini bukan hanya sekadar program pengabdian masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa serta sebagai wadah untuk membangun hubungan yang erat antara UHO dengan masyarakat.

“Dengan demikian, keberlangsungan program ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi masyarakat sekitar serta institusi pendidikan itu sendiri,” ujarnya, Selasa (16/4).

Lanjutnya, dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, termasuk pembekalan DPL dan pelepasan mahasiswa, dirinya berharap, pelaksanaan KKN Reguler dan KKN MD-MBKM tahun 2024 berjalan lancar dan memberikan dampak yang positif.

Sebutnya, baik bagi mahasiswa, masyarakat, maupun institusi pendidikan. Kedua program ini juga diharapkan dapat menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan, meningkatkan keterampilan.

“Serta mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan dan kepedulian sosial dalam konteks nyata kehidupan masyarakat,” pungkasnya. (din/r2)

  • Bagikan