Pemkab Butur Bakal Pamerkan Batik Ecoprint pada Pameran HUT ke-58 Sultra

  • Bagikan
Rapat persiapan untuk mengikuti pameran HUT ke-58 Sultra di Baubau.

BURANGA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) bakal memamerkan produk unggulannya yakni Batik Ecoprint, pada pameran potensi pembangunan, pariwisata dan ekonomi Kreatif dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang difokuskan di Kota Baubau.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Butur Muh Hardhy Muslim saat memimpin rapat persiapan bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Butur Hj Muniarty M Ridwan di Aula Setda Butur, Kamis (19/5), mengingatkan kepada instansi terkait agar bahan pameran yang akan digelar mulai 22 sampai 28 Mei 2022 di Kota Baubau nanti merupakan produk khas Butur yang jarang dimiliki daerah lain, khususnya di wilayah Sultra.

“Pameran kali ini Butur harus sedikit berbeda dengan pameran sebelumnya. Butur akan menampilkan sekaligus mempromosikan produk unggulan yang unik, menarik, dan ramah lingkungan,” kata Hardhy Muslim.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Butur Hj Muniarty M Ridwan mengatakan, terkait bahan pameran pembangunan, pariwisata dan ekonomi kreatif pada peringatan HUT Sultra tahun ini, pihaknya memilih produk batik ecoprint dan kerajinan pernak-pernik alami yang memanfaatkan limba sisik ikan.

Dikatakan, batik ecoprint Butur sudah pernah ditampilkan di kanca nasional. Selain itu, lanjutnya, kerajinan ini merupakan salah satu produk unggulan baru bagi Butur yang dapat bersaing di pasaran.

“Selain unik, corak warna-warni yang berasal dari dedaunan alam dikombinasikan dengan kain polos menjadi nilai seni tersendiri, serta dapat meningkatkan usaha ekonomi baru bagi masyarakat pengrajin lokal,” terangnya.

Dia juga mengatakan bahwa ada beberapa jenis produk unggulan lainnya yang siap dipamerkan pada pameran pembangunan dalam rangka peringatan HUT Sultra.

“Yakni, kopra putih, minyak kelapa murni (VCO) lokal Butur, dan sejumlah hasil pertanian. Seperti, aneka varietas beras lokal, umbi-umbian, kacang-kacangan, serta hasil perikanan diantaranya, lobster, kepiting, dan sambal ikan. (dar/nir)

  • Bagikan